7 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan

by Administrator / Agustus 02, 2022

Di dalam sebuah perusahaan, tentunya kepuasan kerja karyawan menjadi hal penting yang perlu untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan sumber daya manusia atau karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut sangat penting untuk mendukung tercapainya visi dan misi perusahaan. Berikut ini simak tips dan cara meningkatkan kepuasan kerja karyawan.

Training professional dalam dunia kerja pun memiliki metode yang bervariasi dan alat bantu yang beraneka ragam seiring majunya teknologi, salah satunya adalah e-learning. Meningkatnya peminat dan penggunaan e-Learning membuat 82% perusahaan di seluruh dunia memilih e-Learning untuk pelatihan karyawan di tahun 2022. Apalagi pada tahun 2020, semakin banyak perusahaan yang beralih ke e-Learning agar pelatihan karyawan tetap berjalan karena pandemic, sehingga e-learning menjadi trend terbaru di kalangan HR profesional. Seperti dilansir dari trainingindustry.com, 43% anggaran perusahaan atau organisasi besar digunakan untuk online learning bagi para karyawannya selama pandemi.


1. Menerima Saran Dari Karyawan Jika Memang Baik

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kepuasan dari kinerja karyawan adalah dengan menerima saran yang dilontarkan oleh karyawan tersebut. Walaupun terkadang di dalam sebuah perusahaan telah memiliki tujuan dan juga target yang ingin dicapai, namun tak ada salahnya untuk menerima masukan dan saran yang dimiliki oleh karyawan.

Hal tersebut dikarenakan ketika karyawan sedang menjalankan pekerjaan, terkadang mereka akan menemukan hal atau sesuatu yang mungkin saja terselip dari pandangan perusahaan. Sehingga, hal ini dapat menjadi salah satu bentuk evaluasi. Dengan begitu, akan mampu membuat kinerja perusahaan menjadi lebih baik kedepannya.

Cara yang bisa anda lakukan sebagai pemilik perusahaan dalam tips meningkatkan kepuasan kerja karyawan adalah dengan menerima saran yang dimiliki oleh karyawan. Terutama apabila saran tersebut memang baik dan juga benar bagi perusahaan. Disini, anda bisa menciptakan suasana layaknya berdiskusi sehingga anda pun bisa menerima pandangan dan masukan dari karyawan.


2. Berikan Tanggung Jawab Sesuai Dengan Kemampuan yang Dimiliki Karyawan

Mengetahui potensi yang dimiliki oleh setiap karyawan memang suatu keharusan yang perlu dilakukan oleh perusahaan. Pasalnya, setiap karyawan pastinya akan memiliki target dan juga tujuan yang berbeda. Namun, perusahaan dapat menyatukannya dengan membentuk sebuah tim.

Akan tetapi, ketika perusahaan membentuk tim tersebut tentu saja tidak boleh sembarangan. Pastikan untuk mengetahui porsi dan tanggung jawab yang sesuai dengan karyawan tersebut. Jangan sampai anda menyerahkan tanggung jawab yang tidak sesuai dengan bidang yang dimiliki oleh karyawan tersebut.


3. Jangan Membuat Karyawan Menjadi Segan Dalam Memberikan Pendapat

Disini, Anda perlu untuk menciptakan lingkungan kerja dimana karyawan tidak merasa segan di dalam mengeluarkan pendapat yang anda miliki. Meskipun demikian, apabila pendapat yang dimiliki oleh karyawan tersebut memang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh perusahaan atau bertolak belakang, Anda pun tidak serta merta untuk menolaknya. Melainkan, anda bisa mempertimbangkan kembali. Cara satu ini memiliki tujuan agar nantinya karyawan bisa berpikir kritis dan juga menjadi kreatif.


4. Berikan Semangat Kepada Karyawan

Terkadang karyawan akan merasa malas dan jenuh ketika bekerja. Hal ini juga bisa terjadi lantaran perusahaan tidak atau kurang memberikan dukungan dari perusahaan. Dimana perusahaan kerap kali hanya memberikan tuntutan saja. oleh karena itu, disamping hanya memberikan tuntutan saja, sebaiknya perusahaan sesekali juga memberikan semangat kepada karyawannya.

Hal ini dapat menjadi salah satu tips meningkatkan kerja karyawan. Dengan adanya semangat tersebut akan memacu karyawan untuk bisa menyelesaikan pekerjaan lebih maksimal. Ketika karyawan bekerja dengan maksimal, tentunya perusahaan juga akan mendapatkan keuntungan yang berlebih.


5. Bekali Dengan Fasilitas Pendukung dan Penunjang Pekerjaan

Ketika karyawan dibekali dengan fasilitas penunjang kerjanya, tentu saja hal tersebut akan mampu memberikan kepuasan kerja pada karyawan tersebut. Dengan adanya pemberian fasilitas tersebut, biasanya akan membuat karyawan akan bekerja dengan lebih produktif. Terutama bagi karyawan yang memiliki hambatan pekerjaan.

Adapun pemberian fasilitas tersebut juga bisa banyak memberikan kemudahan bagi karyawan. Contohnya saja di momen WFH atau work from home, perusahaan bisa memberikan fasilitas berupa kuota internet. Atau ketika sedang bekerja di kantor, perusahaan juga bisa memberikan fasilitas berupa laptop atau komputer sehingga pekerjaan menjadi lebih mudah.


6. Memberikan Pelatihan Pada Karyawan

Cara lain yang bisa anda lakukan sebagai tips meningkatkan kepuasan kerja karyawan adalah dengan memberikan pelatihan kepada karyawan. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya pelatihan tersebut akan membuat karyawan menjadi lebih ahli dalam menyelesaikan pekerjaan di kantor.

Dengan memberikan pelatihan pada karyawan tersebut akan sangat dianjukan sebagai salah satu cara agar karyawan menjadi puas bekerja di tempat tersebut. Sebab, apabila ada pekerjaan yang belum dimengerti atau masih baru, maka perusahaan akan melatih karyawan tersebut agar mampu bekerja dengan lebih profesional.

Tentu saja, ketika perusahaan menjalankan beberapa hal yang mampu meningkatan kepuasan kerja karyawan, maka hal ini akan mampu membuat karyawan menjadi lebih tekun di dalam bekerja. Selain itu, dengan adanya pelatihan atau memberikan fasilitas pendukung untuk bekerja, tentunya akan lebih memudahkan karyawan dalam mengerjakan berbagai pekerjaan. Hal ini akan membuat karyawan mampu bekerja dengan maksimal.


7. Lakukan Evaluasi

Tak dapat dipungkiri bahwa kegiatan di atas bisa memberikan efek positif atau malah tidak memberikan efek sama sekali. Oleh karenanya, kita harus melakukan evaluasi tiap waktu, agar perusahaan yang kita kerjakan dapat berjalan dengan optimal.


Penutup

Perusahaan yang berkembang naik adalah mereka yang memiliki karyawan hebat. Untuk mendapatkan karyawan yang hebat dan bisa diandalkan, maka kita perlu memberikan kepuasan untuk mereka.

Itulah informasi tentang cara meningkatkan kepuasan kerja karyawan yang bisa kami berikan. Sebenarnya ada salah satu cara tambahan untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan, yaitu dengan menggunakan produk HRIS Software sebagai fasilitas pendukung untuk segala kebutuhan human resource dan payroll karyawan Anda.

Jadi dengan adanya teknologi dari Spisy Software, diharapkan dapat membantu HRD dalam management karyawan dan dari sisi karyawan supaya tidak repot mendapatkan slip gaji secara manual lagi. Hal tersebut dikarenakan semuanya sudah dilakukan dengan otomatis.

Klik disini untuk informasi lebih lanjut mengenai : Inilah keunggulan Spisy Software. Semoga bermanfaat.


Evaluasi Kinerja Karyawan Melalui SPISY HRIS !

For more detail information about
our solutions

For more detail information about
our solutions