Simak 7 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Perlu HR Software

by Administrator / May 14, 2021

Karyawan adalah salah satu aset perusahan yang bisa meningkatkan performa perusahaan. Karena menjadi aset ini maka perusahaan harus tahu bagaimana cara menangani karyawan dan juga memanajemen dengan baik.
Perusahaan bisa menggunakan HR Software untuk bisa menurunkan tingkat turnover karyawan. Sebagai pemilik bisnis Anda harus paham tentang fungsi-fungsi dari human resource tersebut seperti absensi, menghitung penggajian, proses cuti dan perizinan. Meski terdengar mudah dan menyita waktu cukup besar dan mengalami rawan kesalahan terutama jika karyawan yang Anda miliki cukup banyak. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa perusahaan Anda perlu HR Software yang penting diperhatikan:


Adaptasi dengan Perkembangan Zaman

Alasan mengapa perusahaan Anda perlu HR software yang pertama adalah perusahaan Anda harus bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Zaman yang semakin modern ini menuntut setiap perusahaan untuk bisa mengikuti perkembangannya. Bisnis yang tidak bisa mengikuti perkembangan zaman ini akan tertinggal dan tidak bersaing dengan kompetitor. Teknologi yang berkembang dengan pesat ini akan membantu pebisnis dalam mengembangkan bisnisnya. Dengan kecanggihan teknologi proses yang dulunya rumit bisa disederhanakan sehingga proses pengerjaannya lebih efektif dan efisien. Hal yang bisa disederhanakan adalah administrasi berhubungan dengan karyawan dan tugas Human Resources lainnya.


Kehadiran Karyawan yang Terkontrol

Alasan mengapa perusahaan Anda perlu HR software selanjutnya adalah software ini akan membuat kehadiran karyawan menjadi lebih terkontrol. Salah satu kontribusi yang penting dari karyawan untuk perusahaan adalah waktu yang mereka berikan untuk bisa bekerja. Performa perusahaan akan menurun jika karyawan sering bolos dalam bekerja. Menggunakan absensi manual, besar kemungkinan data yang diberikan manipulatif sehingga merugikan bagi perusahaan. Hal yang sering terjadi adalah banyak karyawan yang melakukan titip absen kepada teman sekantornya. Berbeda jika menggunakan HR software ini dimana absen sifatnya online dan membuat data manipulatif bisa dihindari.


Efisiensi Waktu

Alasan selanjutnya adalah efisiensi waktu. Waktu ini sangat penting bagi perusahaan bisnis Anda. Siapa yang tidak bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya akan tertinggal. Dengan HR software yang diaplikasikan dan implementasikan ke perusahaan akan membuat proses HR yang tadinya rumit berubah menjadi lebih simpel.


Memberikan Akses yang Mudah

Alasan mengapa perusahaan Anda perlu HR Software selanjutnya adalah memberikan akses yang mudah terutama bagi karyawan. Karyawan Anda bisa mudah dalam mengajukan cuti dan juga izin, karena semuanya dilakukan dengan cara online. Karyawan tidak perlu sibuk mengetik surat permohonan cuti dan juga lampiran-lampirannya kemudian diserahkan ke HR. Dengan sistem berbasis online HR bisa mengetahui siapa saja yang mengajukan cuti dan memanajemen cuti karyawan dengan mudah. Tidak hanya HR saja yang akan merasakan senang namun karyawan pun akan merasakan hal yang sama.


Penyimpanan Data yang Lebih Aman

Anda yang menggunakan HR software terbaik perusahaan bisa menyimpan data lebih aman. HR software akan memungkinkan perusahaan Anda untuk menyimpan data karyawan dengan basis online mulai dari data pribadi, karier, jatah cuti sampai dengan penggajian yang berbasis digital. Anda tidak perlu lagi menghitung tunjangan karyawan dan jumlah anggota keluarganya. Anda cukup mengakses daya yang tersimpan secara online dengan klik. Selain itu HR software ini penyimpanannya lebih minimalis tidak membutuhkan tempat yang luas dan juga lapang. Untuk mencari data yang diperlukan Anda hanya tinggal mengetikkan kata kunci saja kemudian data yang Anda inginkan akan muncul.


Menunjang Payroll yang Lebih Akurat

HR Software terbaik bisa menunjang payroll atau penggajian yang lebih akurat. Kompensasi ini merupakan hal yang serius. Selain itu juga menjadi refleks komitmen perusahaan untuk bisa mensejahterakan karyawan. Kompensasi juga menjadi hal sensitif bagi karyawan sehingga perusahaan harus bisa menghitung kompensasi atau gaji karyawan ini dengan cermat dan juga teliti. Ada banyak komponen penggajian yang harus diperhatikan seperti lembur, bonus sampai dengan THR yang mana disesuaikan dengan kontribusi karyawan yang diberikan. Tentu saja menghitung dengan cara manual ini hanya akan membuat waktu penggajian terlambat dan rentan mengalami human error.


Menyesuaikan Aturan Pemerintah

Perusahaan wajib menggunakan HR Software untuk menyesuaikan dengan aturan pemerintah. Regulasi pemerintah ini berubah dari waktu ke waktu. Saat regulasi ini diubah maka perusahaan Anda akan mengalami jet-lag ketika implementasi. Misalnya saja adalah terbawa aturan lama padahal aturan baru ini sudah diberlakukan. Untuk bisa mengurangi potensi yang merugikan maka HR Software ini bisa diupdate. Setelah itu software akan disesuaikan dan mendapatkan pembaruan sesuai dengan aturan yang diberlakukan oleh pemerintah maupun perusahaan.


Itulah beberapa alasan mengapa perusahaan Anda perlu HR software ini, jika Anda merasakan selama ini performa HR belum maksimal maka HR software ini menjadi solusi yang tepat bagi perusahaan Anda, pilih vendor terpercaya yang memahami kebutuhan perusahaan Anda dengan baik, salah satunya adalah Sakura System Solutions yang telah berpengalaman sebagai salah satu provider software untuk keperluan HR. Sakura System Solutions memperkenalkan SPISy yang merupakan software HRIS Indonesia terbaik yang komprehensif untuk keperluan perusahaan Anda.

For more detail information about
our solutions

For more detail information about
our solutions