4 Tips Bekerja dengan Lebih Efektif dan Efisien Supaya Tidak Lembur.

by Administrator / Agustus 20, 2022

Banyak penelitian mengatakan bahwa karyawan yang memiliki produktivitas tinggi rahasianya bukan dari bekerja lebih lama setiap hari, akan tetapi melakukan kerja yang efektif dan efisien.

Bekerja lebih lama tidak menjamin setiap karyawan akan lebih produktif. Pasalnya, bekerja lebih lama malah bisa membuat pegawai lebih letih sehingga hasil kerja kurang optimal. Itulah mengapa karyawan saat ini dituntut untuk bekerja secara cerdas ketimbang kerja keras. Mari lakukan tips dibawah ini supaya tidak lembur setiap hari.

1. Mengetahui Prioritas Setiap Pekerjaan

Untuk dapat melakukan kerja secara efektif, maka Langkah pertama yang diperlukan adalah memahami makna dari skala prioritas tugasnya. Mengetahui tujuan dari setiap tugas-tugasnya adalah hal mutlak yang harus dipahami dan diketahui, sehingga akan lebih mudah untuk menentukan prioritas pekerjaan yang akan dilakukan setiap harinya.

Tantangan terbesar adalah bagaimana memilah dan membedakan mana pekerjaan yang penting dan tidak, hal tersebut akan sulit diputuskan jika ada pihak ketiga yang terlibat dalam tugasnya tersebut. Solusi dari hal tersebut adalah membuat alat bantu sederhana yang Bernama todolist.

2. Konsisten dengan Waktu Kerja

Konsisten dengan waktu kerja adalah hal yang sulit dilakukan, tetapi dapat dilakukan dengan cara komitmen kepada diri sendiri. Konsisten dengan waktu kerja bukan hanya sekadar bisa pulang ke rumah tepat waktu, tetapi bagaimana cara pegawai dapat mengatur waktu setiap tugasnya sehingga hal tersebut bisa diselesaikan dengan tepat waktu dan tuntas dengan sempurna. Menyelesaikan pekerjaan dengan konsisten tidak hanya menunjukkan bahwa kita dapat bekerja lebih efektif dan efisien, akan tetapi dapat menonjolkan intergitas yang dimiliki.

3. Hindari Bekerja Secara Multitasking

Perusahaan ingin sekali memiliki pegawai yang bekerja secara optimal, akan tetapi banyak pegawai yang kurang bijak mengartikan multitasking, dan berpikir dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan dapat memberikan kontribusi besar kepada perusahaan.

Banyak Ilmuan ternama menjelaskan otak manusia akan mengalami kesulitan ketika melakukan banyak tugas dalam 1 waktu. Dengan mencoba menyelesaikan pekerjaan sekaligus pegawai tidak akan bisa bekerja dengan fokus dan memiliki resiko untuk melakukan kesalahan. Mengerjakan satu per satu dengan konsisten setiap pegawai akan mendapat hasil yang maksimal.

4. Berusaha Menjauhi Distraksi

Untuk dapat bekerja efektif, sangat disarankan selalu menjauhi distraksi yang bisa membuat konsentrasi kita teralihkan. Hal sederhana yang dapat mendistraksikan konsentrasi setiap orang adalah smartphone, sebaiknya mulai untuk mematikan notifikasi setiap aplikasi sosial media, atau memisahkan aplikasi pesan pribadi dengan aplikasi pesan pekerjaan.

Menjauhi distraksipun adalah sesuatu hal yang luar biasa sulit untuk dipraktikan, tetapi setiap pegawai harus mengingat konsisten waktu kerja setiap tugas adalah hal mutlak yang harus dipegang teguh.

Merasa jenuh adalah hal yang wajar dialami setiap pegawai, Beristirahat sejenak dengan berjalan kaki atau melakukan olahraga ringan akan menghilangkan rasa jenuh tersebut.

Itulah informasi mengenai bagaimana kita bisa bekerja lebih efektif dan efisien tanpa harus lembur setiap hari. PT Sakura System Solutionspun telah menciptakan inovasi dimana setiap unit dapat memonitoring bagaimana setiap pegawai menggunakan waktunya untuk bekerja dengan efektif. Setiap pemimpin dapat mengevaluasi pegawai tersebut dengan menggunakan Spisy HRIS.

Arsipkan Kandidat Terbaik Anda Melalui SPISy HRIS !

For more detail information about
our solutions

For more detail information about
our solutions