Mengapa fitur Geo-Tagging menjadi penting untuk absensi karyawan ?

by Administrator / July 11, 2022

Saat ini marak sekali perusahaan yang menerapkan absen online dikala meningkatnya model kerja terbaru yaitu Work From Home. Banyak perusahaan ingin mengimplementasikan fitur geotagging pada proses absensi seperti yang dimiliki SPISy HRIS & Payroll. Proses absensi sangat krusial dan merupakan salah satu indikator kinerja karyawan yang vital. Perusahaan harus mampu memantaunya dengan baik demi objektivitas penilaian kerja karyawan. Namun, permasalahan muncul ketika banyak karyawan yang bekerja di luar kantor maupun dari rumah. Sebagai contoh tim penjualan yang harus menemui klien atau para karyawan yang status bekerja dari rumah berada lokasi berbeda

Pemahaman Fitur Geotagging

Fitur geotagging merupakan proses menambahkan penandaan geografis ke dalam sebuah objek. Proses tersebut memudahkan untuk melacak dan menemukan informasi mengenai sebuah lokasi tertentu. Penerapan fitur geotagging selama ini sudah lazim dipakai untuk banyak keperluan. Paling sederhana, Ketika menggunakan Global Positioning System pada Google map. Areanya sudah ditandai dengan penandaan lokasi yang berbasis geotagging sehingga bisa mudah ditemukan. Sistem fitur geotagging bekerja dengan Global Positioning System dan melalui perhitungan lintang atau bujur sistem koordinat. Hal inilah yang menjadi nilai dasar penentuan posisi lokasi yang akan ditandai saat proses absensi berlangsung.

Implementasi Fitur Geotagging pada Proses Absen Online

Penandaan lokasi itu akhirnya bisa diterapkan ke dalam absen online seperti yang telah diimplementasikan oleh SPISy. Seseorang akhirnya bisa melakukan absen hanya di pada lokasi dan radius yang ditentukan sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Asumsikan seorang karyawan sebuah toko yang menjadi cabang suatu perusahaan. Dengan menggunakan absensi berbasis geotagging, karyawan tersebut dapat langsung melakukan absen di tokonya. Absen tersebut mampu memperlihatkan bahwa karyawan memang sudah berada di toko. Hal ini dimungkinkan karena lokasi toko sudah ditandai sebelumnya. Akan tetapi karyawan tidak dapat melakukan proses absensi ketika aktivitas absen dilakukan di luar area zona toko tersebut. Berkat fitur geotagging, akurasi absensi meningkat. Manajemen tidak perlu khawatir kepada karyawan tersebut karena terbukti sudah berada di lokasi kerja ketika melakukan absen. Pemantauan karyawan pun kian optimal dan tepat sasaran.

Manfaat Absen Online Menggunakan Fitur Geotagging

  1. Memastikan Transparansi antara tim, terdapat bukti nyata antara karyawan dan atasannya bahwa karyawan tersebut telah berada di lokasi tertentu pada suatu waktu dan siap untuk memberikan kontribusi pada perusahaan.
  2. Melacak pergerakan karyawan dalam jam kerja, Perusahaan dapat mengetahui mobilitas karyawan saat bekerja di luar area kantor, sehingga pengawasan menjadi lebih mudah.
  3. Mempermudah analisis waktu kerja, Adanya fitur geotagging, perusahaan dapat mengetahui berada lama karyawan tersebut menghabiskan waktu pada suatu lokasi dan perpindahan tiap lokasi.
  4. Menghindari Kecurangan pada proses absensi, Melalui fitur geotagging pada absensi online meminimalkan rasio kecurangan dalam proses absensi. Hal tersebut didukung oleh lokasi yang sudah ditentukan dan ditandai sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Absen online geotagging akan memberi banyak keuntungan besar bagi seluruh perusahaan di Indonesia dengan karyawan yang harus bekerja di lapangan atau tersebar, maupun karyawan yang bekerja di rumah, yang mana memiliki berbagai lokasi kerja yang berbeda. Perusahaan dapat melacak pergerakan karyawan pada jam kerja sebagai cara untuk memantau kinerja dan performa. Seperti pada SPISy yang mana software HRIS dan Payroll yang telah menyediakan absensi online menggunakan aplikasi handphone dan telah diterapkan di Sebagian besar kliennya.

Itulah beberapa alasan mengapa perusahaan anda harus dapat memanfaatkan fitur dari geotagging pada proses absensi, jika Anda merasakan selama ini performa mesin absen belum maksimal maka pilihlah PT Sakura System Solutions yang telah berpengalaman sebagai salah satu provider software untuk keperluan HR yang telah dilengkapi oleh teknologi geotagging. Sakura System Solutions memperkenalkan SPISy yang merupakan software HRIS Indonesia terbaik yang komprehensif untuk keperluan perusahaan Anda.

For more detail information about
our solutions

For more detail information about
our solutions