by Administrator / Januari 04, 2022
Dalam sebuah perusahaan saat kita memiliki karyawan yang loyal, kepuasan karyawan yang baik serta performa perusahaan yang optimal, beberapa hal tersebut merupakan hasil yang diidamkan oleh perusahaan. Oleh karena itu, KPI (Key Performance Indicator) memiliki peranan yang sangat penting di dalam mengukur, mengelola hingga memonitor kinerja karyawan. Berikut adalah ulasan lebih lanjut mengenai KPI perusahaan.
Key Performance Indicator atau yang dikenal dengan KPI merupakan salah satu alat ukur dan juga cara yang digunakan oleh perusahaan untuk mengukur kinerja dari karyawannya. KPI bertujuan untuk mengukur apakah tujuan, goals dan visi misi perusahaan telah terwujud atau belum.
Dalam membuat Key Performance Indikator (KPI) yang relevan, diperlukan beberapa karakteristik utama yang harus dimiliki. Diantaranya adalah kita diharuskan untuk memiliki pemahaman tentang tujuan dari perusahaan. Dari sana perusahaan melakukan breakdown tentang tugas yang harus dilakukan oleh karyawan.
Tugas-tugas tersebut berisikan indicator / poin-poin yang harus dicapai tiap karyawan. Jika poin tersebut terpenuhi oleh karyawan, maka bisa dikatakan KPI yang dibuat telah berhasil.
KPI bagi perusahaan memiliki banyak sekali fungsi. Berikut adalah beberapa manfaat yang dimiliki perusahaan :
Tidak hanya memiliki manfaat bagi perusahaan, KPI juga memiliki dampak yang baik bagi kinerja karyawan sendiri. Berikut adalah manfaat yang dimiliki karyawan yang memiliki indikator kerja :
KPI dapat dikatakan efektif jika memiliki kandungan SMART didalamnya. SMART merupakan singkatan dari Spesific, Measurable, Achievable, Relevant dan Timebound. Berikut adalah penjalasannya.
Contoh seorang organization development (OD) mencoba untuk menerapkan KPI (Key Performance Indicator) di departement HRD menggunakan aplikasi HRIS untuk mengetahui persentase dari jumlah kebutuhan pegawai baru, yang mana dapat dipenuhi secara tepat waktu dalam kisaran 45 hari. Kemudian, untuk membuat rata rata skor evaluasi dari karyawan baru. Dimana telah bergabung dengan perusahaan selama 3 bulan dalam masa percobaan. Selain itu, juga untuk mengetahui rata rata biaya kesehatan dari karyawan per tahun. Selanjutnya untuk mengetahui berapa persen absensi masuk kerja karyawan dan berapa persen absensi cuti kerja karyawan. Disini juga untuk mengetahui berapa jam training per karyawan per kapita setiap tahunnya.
Penerapan KPI di bidang marketing ini juga untuk mengetahui berapa nilai dari kepuasan pelanggan, biasanya dalam skala 1 – 5. Selanjutnya juga untuk mengetahui persentase pertumbuhan penjualan. Dan juga untuk mengetahui jumlah ROI dalam marketing program.
Tak hanya itu saja, Key Performance Indicator ini juga untuk mengetahui tentang pengembangan dari jumlah produk terbaru. Selain itu, juga untuk mengetahui berapa kira kira waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan komplain atas pelanggan hingga tuntas atau selesai dan berapa jumlah rata rata penjualan per outlet.
Dengan menggunakan Key Performance Indicator ini, perusahaan pun nantinya akan lebih mudah di dalam menentukan target atau sasaran kedepannya. Selain itu, manfaat dari KPI ini juga tak hanya akan dirasakan oleh perusahaan saja. melainkan dampak positif dari penerapan KPI ini juga akan dirasakan oleh karyawan.
Key Performance Indicator merupakan tolak ukur yang ditetapkan perusahaan kepada pegawainya. Tujuan utama dari adanya KPI adalah sebagai acuan kerja dan pegangan karyawan untuk menjalankan tugasnya secara maksimal. Dari sisi perusahaan, KPI ini bertujuan untuk mengukur kinerja karyawannya apakah telah sesuai dengan yang diharapkan perusahaan atau belum. Setelah itu, perusahaan dapat melakukan evaluasi atas kinerja karyawannya. Semua hal tersebut dilakukan demi tercapainya visi misi yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Itulah informasi mengenai KPI, semoga bermanfaat.