Langkah Awal Transformasi HRD di Perusahaan Bersama SPISy

by Administrator / July 13, 2022

Transformasi digital tentu sudah harus dilakukan oleh HR pada saat kondisi seperti ini terutama dalam HR Sistem. HR sistem merupakan salah satu inovasi teknologi paling krusial dan solusi utama yang dapat digunakan untuk menyederhanakan hampir seluruh pekerjaan terkait sumber daya manusia (SDM). Manfaat dari menyederhanakan proses kerja tersebut akan berpengaruh kepada HR, penggunaan Sistem HR membantu kerja HR secara umum agar pekerjaan cepat selesai dan mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Dengan begitu HR dapat fokus untuk menyelesaikan tugas penting lainnya. Tetapi banyak HR yang berasumsi bahwa untuk melakukan transformasi awal dengan menggunakan HRIS membutuhkan biaya yang besar, waktu yang lama, dan pemetaan yang luas sehingga membuat mental dari HR tersebut yang menyebabkan penundaan transformasi. Faktanya hal tersebut berbanding terbalik dengan asumsi dan rasa khawatir yang dipikirkan oleh para HR. Hal tersebut terjawab oleh PT Sakura System Solutions, perusahaan Vendor IT yang akan menemani dan mendampigi transformasi tersebut Bersama SPiSy. PT Sakura System Solutions memberikan solusi yang sangat efektif yaitu melakukan transformasi secara bertahap dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri. Berikut 4 poin utama untuk melakukan transformasi HRD di tahap awal Bersama SPiSy.

Transformasi Digital Pada Data karyawan dan Struktur Organisasi

Saat ini peran untuk mengelola data karyawan sangat penting dan sudah jarang dilakukan secara konvesional dikarenakan tidak efisien dan sering kali terjadinya kesalahan dalam penginputan maupun pengarsipan. Seiring perkembangannya era pun, sektor pengelolaan data karyawanpun diubah menjadi digital dan menjadi dasar dan langkah utama suatu organisasi ketika ingin bertransformasi. PT Sakura System Solutions telah memperhitungkan bagaimana data karyawan harus dapat dikelola dengan baik, dari proses input, fitur expor & import, hingga upload dokumen yg bersifat softcopy, sehingga fasilitas tersebut dapat meningkatkan produktivitas karyawan serta menekan resiko kesalahan dalam input maupun proses arsip. Berikut beberapa manfaat yang langsung akan dirasakan ketika suatu organisasi mempraktikkantransformasi data karyawan bersama SPISy :

  1. Cepat dan mudah digunakan.
  2. Kontrol data terpusat.
  3. Kelengkapan dan Konsisten data karyawan terjaga

Disamping itupun dengan bantuan fitur yang telah dikembangkan pada SPISy, Bapak dan Ibu dapat membuat began struktur organisasi secara otomatis tanpa harus membuang waktu. Tidak sampai disitu, PT Sakura System Solutions pun mempersiapkan SPISy HRIS untuk perusahaan group berskala besar, karena telah ditanamkan fitur status karawan multi-company (2 perusahaan dalam 1 group).

Transformasi Digital Pada Proses Penggajian

Aktivitas pengajian adalah kegiatan yang pasti dilakukan dan terus berulang tiap bulannya. Dapat bapak dan ibu bayangkan, seorang staff hrd harus dapat melakukan perhitungan gaji karyawan sebanyak 1000- 2000 karyawan dengan cara konvensional atau masih menggunakan bantuan excel. Berkembangnya era teknologi berdampak pada sektor perhitungan gaji karyawan juga. Inovasi pada sektor pengajian tercetus dikarenakan aktivitas terlalu membutuhkan waktu kerja yang panjang, riskan akan kesalahan perhitungan gaji, dan kompleksitas komponen gaji yang begitu tinggi dikarenakan kebijakan setiap perusahaan berbeda-beda. Itulah motivasi PT Sakura System Solutions mengembangkan SPISy Payroll yang begitu fleksibel dan dapat digunakan oleh perusahaan jasa hingga manufaktur. Perencanaan pada SPISy Payroll sangat matang dan mempertimbangkan seluruh aspek yang dibutuhkan dan potensi keadaan yang akan dihadapi oleh staf hrd di masa yang akan datang. Aplikasi besutan PT Sakura System Solutions memiliki fitur perhitungan pajak penghasilan karyawan yang begitu mudahnya dapat diatur oleh staf hrd itu sendiri sesuai dengan peraturan pemerintah.

Berikut beberapa manfaat yang langsung akan dirasakan ketika suatu organisasi mempraktikkan transformasi data karyawan bersama SPISy :

  1. Pendataan detail gaji menjadi lebih terstruktur sesuai dengan kebijakan perusahaan.
  2. Kompleksitas perhitungan komponen gaji yang sangat dalam dan rinci.
  3. Pengaturan sektor deduction lebih lengkap dan dapat disesuaikan dengan kebijakan.
  4. Dapat melakukan simulasi payroll.
  5. Laporan komponen gaji lebih tertata.
  6. Fitur Self Service.
  7. Dapat melakukan proses payroll dimanapun.
  8. Membuat laporan sesuai kebutuhan.

Transformasi Digital Pada Manajemen Cuti

Sebagai staf hrd , Bapak dan Ibu sering menerima permintaan cuti yang disetujui maupun pertanyaan sisa cuti yang dimiliki oleh karyawan. Kegiatan tersebut biasanya dilakukan secara manual dan memakan waktu cukup banyak karena harus memeriksa hardcopy ataupun form yang dikirim melalui email. Hal tersebut sangat merepotkan jika staf hrd tidak memiliki data yang realtime dan historis data yang masih konvensional. Manajemen transformasi menjadikan salah satu poin penting yang diprioritas dalam tahap awal transformasi digital untuk sektor hrd. Salah satu manfaat yang langsung dirasakan oleh pengguna SPISy Leave Management adalah staf HRD tidak perlu memeriksa saldo cuti setiap karyawan karena sistem sudah secara otomatis memperbarui informasi cuti. Ini juga lebih mudah bagi karyawan karena mereka tidak perlu membuang waktu untuk menemui manajer atau staf HRD untuk meminta persetujuan cuti.

Berikut adalah manfaat yang akan ditemukan ketika anda melakukan transformasi digital pada sektor manajemen cuti:

  1. Mengurangi pengurangan kertas
  2. Memotong proses cuti menjadi lebih singkat
  3. Kelengkapan dan Konsisten data karyawan terjaga

Setelah Bapak dan Ibu telah mengetahui 3 poin diatas, dapatkan kita jelaskan ternyata untuk melakukan transformasi digital pada unit HRD di organisasi anda tidak perlu memerlukan usaha yang besar dan memiliki keraguan atas luasnya ruang lingkup pada software HRD, karena cukup prioritaskan poin diatas sebagai langkah awal transformasi digital. Oleh karena itu dikarenakan langkah pertama memiliki momentum yang penting, maka setiap organisasi dapat berkolaborasi dengan perusahaan IT yang kredibel dan berpengalaman seperti PT Sakura System Solutions.

Proses Payroll Lebih Cepat dengan SPISy HRIS!

For more detail information about
our solutions

For more detail information about
our solutions