Karakteristik dan Cara Menumbuhkan Sifat Leadership

by Gibran Respati / December 12, 2022

Jiwa leadership atau kepemimpinan sangat diperlukan oleh perusahaan. Sebab, maju tidaknya sebuah perusahaan tergantung dari proses kepemimpinan di dalamnya. Atasan yang mampu menunjukkan jiwa leadership akan membantu perkembangan perusahaan.

Leadership menjadi hal yang sangat penting di organisasi atau perusahaan. Leadership menjadi kunci keberhasilan atas keputusan yang sudah diambil. Adanya leadership akan membentuk kebersamaan tim sehingga saat menemukan hambatan maka dapat diatasi bersama-sama.

Karena peranannya yang penting, leadership wajib diperhatikan oleh perusahaan. Banyak karakteristik dan cara menumbuhkan sifat leadership yang bisa dilakukan. Nah, penjelasan lengkapnya bisa disimak di bawah ini.



Apa Itu Leadership ?

Secara bahasa, leadership punya definisi beragam tergantung dari konteksnya. Namun, leadership bisa diartikan sebagai kepemimpinan dari perseorangan atau kelompok tertentu. Leadership mampu mempengaruhi lingkungan sosial untuk memaksimalkan pencapaian suatu tujuan.

Di perusahaan, leadership sering dikaitkan dengan manajer atau bidang eksekutif lainnya. Tetapi, jiwa leadership sebenarnya bisa dimiliki oleh siapapun. Sekalipun pada tingkat karyawan bawah, jiwa kepemimpinan tetap diperlukan demi kebaikan bersama. Posisi seperti manajer, supervisor dan sebagainya hanya mewakili tingkatan tertentu saja. Sedangkan leadership tetap bisa dimiliki setiap orang.

Secara produktivitas, kepemimpinan adalah kemampuan yang tertanam dalam diri untuk mengarahkan dan mengajak orang lain agar mengerjakan sesuai dengan apa yang diperintahkan. Adanya leadership mampu melancarkan tujuan perusahaan demi mencapai target tertentu yang sudah ditentukan. Sehingga, leadership ini akan berpengaruh terhadap kemajuan perusahaan.


Manfaat Leadership dalam Perusahaan

Bagi perusahaan, leadership sangat diperlukan dalam setiap lini. Oleh karena itu, setiap pekerja wajib memahami karakteristik dan cara menumbuhkan sifat leadership ini.

Melalui sifat leadership, setidaknya karyawan akan terbiasa untuk bersikap disiplin. Sehingga, ketika ada tuntutan pekerjaan tertentu, ia akan memprioritaskannya supaya target tercapai tepat waktu.

Jika hal ini dipahami oleh semua karyawan, maka sangat mudah untuk perusahaan mengembangkan bisnis mereka. Dengan kata lain, karyawan akan berperan penting dalam memajukan perusahaan, dan meningkatkan jumlah profit secara optimal.


Manfaat Leadership Dalam Sebuah Organisasi / Perusahaan

1. Menentukan Strategi Perusahaan

Manfaat pertama leadership adalah kemampuan menentukan arah perusahaan. Leadership akan membantu pemimpin dalam memutuskan strategi-strategi yang dibutuhkan perusahaan. Dengan begitu, arah dan tujuan perusahaan pun menjadi jelas sehingga mempercepat proses perkembangannya.

Pemimpin perusahaan memang bertanggung jawab dalam menentukan strategi bisnisnya. Hal ini mencakup lama waktu yang dibutuhkan untuk sukses, target produksi, kualitas yang ditawarkan, serta kepuasan konsumen. Hal seperti ini membutuhkan strategi yang matang dan perencanaan jangka Panjang.

Selain itu, demi menyukseskan strategi yang sudah dirancang, diperlukan kerja sama serta kebersamaan. Untuk melakukannya, dibutuhkan jiwa leadership yang dapat menyatukan setiap orang. Keterampilan seperti ini bisa dikuasai dalam waktu yang cukup lama. Tetapi, karakteristik dan cara menumbuhkan sifat leadership bisa dilatih sejak dini.


2. Menyatukan Karakter yang Berbeda Antar Karyawan

Memimpin sekelompok orang di perusahaan bukanlah hal yang mudah dilakukan. Di sisi lain, ia harus memikirkan strategi perusahaan sesuai tanggung jawabnya. Tetapi, ia pun harus bekerja sama dengan pihak lainnya yang memiliki ide serta pemikiran berbeda. Inilah tantangan sesungguhnya untuk menguasai skill leadership ini.

Dalam perusahaan tentu banyak “kepala” dengan berbagai ide yang beragam. Masing-masing ingin terlihat tampil dan demi diakui ide dan pemikirannya. Masalahnya, bukan satu dua orang yang punya karakter seperti ini. Sehingga, hal seperti ini terkadang justru menjadi hambatan besar bagi perusahaan.

Ide cemerlang dan kreatif memang dibutuhkan oleh perusahaan. Tetapi, perusahaan hanya membutuhkan satu yang terbaik dengan berbagai macam pertimbangan. Nah, hal seperti ini hanya bisa dilakukan oleh orang dengan jiwa leadership yang kuat.

Yang terpenting, bagaimana cara dia memilih strategi perusahaan kedepannya, dan mengorbankan “ide” lainnya yang dianggap tidak menguntungkan. Dibutuhkan keberanian untuk melakukan hal semacam ini.


3. Membangun Kerja Sama Tim dalam Mengatasi Masalah

Jiwa leadership juga membangun kehangatan dan kebersamaan tim di perusahaan. Leadership mampu menciptakan sikap patuh dari bawahan, sehingga mereka pun akan percaya untuk menyampaikan sesuatu yang menghambat pekerjaan.

Masalah yang sering terjadi dalam perusahaan adalah kurangnya komunikasi antara atasan dan bawahan. Misalnya, saat ada karyawan yang mengalami kendala tertentu, ia tidak berani mengkomunikasikan dengan atasan. Padahal, komunikasi dengan atasan bisa memberikan sudut pandang baru untuk mengatasi kendala tersebut.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Kemungkinannya ada dua. Pertama karena alasan individu atau karyawan sendiri yang tidak mau berkembang. Kedua, Adanya rasa kurang percaya terhadap atasan karena atasan kurang bisa menunjukkan sifat leadership.





Karakteristik Leadership

1. Cakap dalam Berkomunikasi

Pemimpin atau atasan di perusahaan harus memiliki skill komunikasi yang baik. Atasan mesti jeli melihat karakter masing-masing individu, dan menentukan pendekatan yang cocok kepada mereka. Sebab, hal ini akan mempengaruhi seberapa besar tingkat kepercayaan yang diberikan oleh bawahan.

Selain itu, skill komunikasi diperlukan juga pada waktu-waktu tertentu. Misalnya, ketika akan mengarahkan bawahan untuk mengerjakan tugas perusahaan. Jika tugas bisa dikomunikasikan dengan baik, maka hasilnya pun akan semakin optimal.


2. Self-Control yang Baik

Berada di posisi atas sering membuat orang lupa diri atau arogan. Tetapi, sikap negatif seperti itu bisa dihalau dengan penguasaan leadership yang baik. Orang memahami pentingnya leadership cenderung punya self-control yang baik.

Oleh karena itu, jika ada pekerjaan yang terkendala, mereka tidak akan langsung men-judge dan menghakimi. Leader akan lebih fokus untuk mencarikan soluasi untuk mengatasi kendala, sehingga operasional perusahaan pun kembali berjalan normal.


3. Tegas

Tegas tidak selalu berarti marah-marah atau tempramental. Tegas lebih ke situasi di mana seseorang mengerti waktu yang tepat untuk melakukan tindakan. Nah, sikap semacam ini pasti dikuasai oleh orang-orang yang memang punya jiwa kepemimpinan bagus.


4. Sikap Motivasi

Leadership dapat memberikan semacam motivasi ketika dibutuhkan. Misalnya, jika ada karyawan terlihat mengalami kendala, maka di sinilah fungsi pemimpin untuk memberikan motivasi. Meskipun hanya kata-kata sederhana, ketika mereka sudah percaya maka bisa menjadi kekuatan bermanfaat.

Hasilnya, para karyawan pun akan menyelesaikan pekerjaan mereka sesuai dengan tanggung jawab. Skill motivasi ini berkaitan dengan skill komunikasi. Orang dengan skill komunikasi baik cenderung bisa memberi motivasi sesuai porsi.


5. Membaur dengan Sesama

Karakter yang selanjutnya adalah membaur dengan sesama, termasuk dengan bawahan. Meskipun berada di posisi atas, leadership mengajarkan akan pentingnya berbaur dengan sesama anggota perusahaan. Meskipun harus turun ke bagian terbawah, selama memberikan dampak positif maka sangat layak untuk dilakukan.

Pemimpin yang pandai membaur lebih memahami masalah-masalah dan kendala perusahaan yang sering terjadi.


6. Kemampuan Teknis Lainnya

Leadership harus diimbangi dengan kemampuan teknis lainnya. Penguasaan kemampuan teknis yang baik memudahkan proses analisa saat terjadi suatu masalah.


Cara Menumbuhkan Sifat Leadership

1. Membiasakan Diri untuk Disiplin

Cara pertama menumbuhkan sifat leadership adalah dengan membiasakan diri untuk disiplin. Sikap disiplin melatih seseorang untuk memahami tanggung jawab mereka, termasuk dari segi pekerjaan dan juga waktu.


2. Mendengarkan Segala Saran dan Kritik yang Masuk

Meskipun menjadi seorang pemimpin, mendengarkan kritik dan saran tetap harus dilakukan. Hal ini demi memperkaya sudut pandang dan menambah referensi yang dibutuhkan.


3. Berani Tampil dan Mengemukakan Ide

Memberanikan diri untuk tampil dapat menumbuhkan sikap leadership seseorang. Sangat percuma ketika punya ide yang cemerlang namun tidak berani menunjukkannya.


4. Mau Mengakui Kesalahan

Jiwa leadership mengajarkan kita untuk mengakui kesalahan. Ketika salah dalam bertindak, sebaiknya akui saja dan jadikan hal tersebut sebagai pelajaran.


Penutup

Sikap leadership sangat dibutuhkan dalam operasional perusahaan. Banyak manfaat ketika seseorang memiliki sifat leadership, yang menguntungkan secara individu dan menguntungkan untuk perusahaan. Jadi, latihlah skill leadership Anda yang bisa dilakukan lewat banyak cara.

Untuk Anda seorang yang bertugas sebagai manajerial karyawan maupun keuangan karyawan, kini terdapat software HRIS yang mampu memudahkan proses absensi karyawan, perhitungan gaji, pajak, iuran Kesehatan BPJS dan manfaat lainnya. Spisy Software dari Sakura System, software ini mampu meningkatkan produktivitas Anda selaku HR maupun finance yang seringkali kesusahan dalam menghitung gaji karyawan.

Itulah informasi mengenai leadership, semoga bermanfaat.

PT. Sakura System Solutions adalah penyedia solusi aplikasi hris indonesia termasuk system payroll untuk perusahaan Anda. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dalam memberikan pelayanan terbaiknya, membuat PT. Sakura System Solutions menjadi salah satu penyedia jasa HRIS terbaik di Indonesia.

Pelajari lebih lanjut keunggulan Spisy HRIS dan Klik disini untuk informasi lebih lanjut mengenai Sakura System Solutions.

For more detail information about
our solutions