Mengetahui Jenis - Jenis generasi Karyawan di Perusahaan

by Administrator / August 09, 2021

Tanpa disadari oleh setiap karyawan, lingkungan dan budaya kerja perusahaan sangat beraneka ragam. Hal itu tak terlepas dari beragamnya karakter karyawan dari generasi berbeda yang bekerja dalam satu perusahaan atau organisasi. Jika 15-20 tahun lalu perusahaan mungkin hanya di isi dari 1 generasi, tapi untuk saat ini bisa sampai 3 generasi sekaligus dalam satu waktu.

Mannheim (1952), mengatakan bahwa generasi adalah sekelompok konstruksi sosial di mana di dalamnya terdapat sekelompok orang yang memiliki kesamaan umur dan pengalaman historis yang sama. individu yang menjadi bagian dari satu generasi, adalah mereka yang memiliki kesamaan tahun lahir dalam rentang waktu 20 tahun dan berada dalam dimensi sosial dan dimensi sejarah yang sama.

1. Karyawan Generasi Baby Boomers (1946 - 1964)

Generasi baby boomers adalah generasi orang yang lahir pada 1946-1964. Biasanya para baby boomers sudah menempati posisi penting di suatu perusahaan sebagai direktur atau anggota dewan. Banyak dari karyawan yang sering menghindari generasi tersebut karena gaya kepemimpinan yang keras dan kuno. Karakteristik para baby boomers adalah karena bawaan dan didikan dari orangtua pada jaman setelah perang oleh karena itu mereka terkenal kuno atau kolot dalam bekerja.

Para baby boomers cenderung memiliki keahlian yang bersifat praktik dan harus sesuai mengikuti peraturan yang ada secara formal. ketika mengambil keputusan biasanya para baby boomers akan mempertimbangkan dengan matang dan tidak terlalu mengambil resiko. Kelemahan dari generasi baby boomers adalah teknologi, generasi tersebut akan kesulitan beradaptasi dengan kecepatan perkembangan teknologi.

2. Karyawan Generasi X (1961 - 1980)

Generasi X adalah generasi yang lahir pada tahun 1961 - 1980, lahir pada tahun dimana teknologi mulai berkembang seperti penggunaan personal computer, video games, dan hal yang berhubungan dengan teknologi. Generasi yang terkenal dan banyak mencetak tokoh tokoh terkenal karena diapit oleh 2 generasi sebelum dan sesudahnya, karena itu generasi X menjadi generasi yang memiliki karakter yang work-life balance, fokus pada kesuksesan pribadi, dan berbakat menjadi pemimpin yang dapat merangkul 2 generasi lainnya.

Ciri generasi X adalah kebebasan dan sangat membutuhkan kenyamanan emosional karena ingin dipahami. Sering kali generasi X bekerja hanya berdasarkan instruksi dan tidak akan tertekan jika diintimidasi saat bekerja. Karyawan generasi X memiliki kemauan belajar yang tinggi terutama dengan hal yang baru dan selalu berpandang jauh ke depan demi perusahaan, tetapi sangat riskan ketika karyawan tersebut terakusisi oleh perusahaan lain.

3. Karyawan Generasi Y / Milennial (1981 - 1995)

Generasi Y adalah generasi yang lahir pada tahun 1981 - 1995 atau dikenal dengan sebutan generasi mellenial. Generasi yang paling aktif menggunakan teknologi, tumbuh pada era internet berkembang. Masyarakat mellenial cenderung memiliki sudut pandang yang luas dan berpikir terbuka, sehingga cepat tanggap terhadap perubahaan pada lingkungannya.

Karyawan generasi Y sangat komitmen terhadap organisasi atau perusahaan sesuai dengan kesepakatan awal. Menilai suatu kebijakan dari keterbukaan informasi dan tidak berbelit-belit. Umumnya karyawan generasi Y berharap mendapatkan tantangan supaya mereka dapat berkembang lebih lanjut menembus batas.

4. Karyawan Generasi Z (1995 - 2010)

Generasi Z adalah generasi yang lahir pada tahun 1995 - 2010, sebagai generasi yang paling muda yang akan masuk kedalam dunia profesional. Generasi kreatif dengan kemampuan belajar yang cepat terhadap teknologi dan melakukan hubungan sosial melalui dunia maya. Kemampuan mereka bekerja secara multi-tasking menjadikan mereka berkembang dan bekerja dengan cepat.

Generasi Z adalah generasi yang lahir pada tahun 1995 - 2010, sebagai generasi yang paling muda yang akan masuk kedalam dunia profesional. Generasi kreatif dengan kemampuan belajar yang cepat terhadap teknologi dan melakukan hubungan sosial melalui dunia maya. Kemampuan mereka bekerja secara multi-tasking menjadikan mereka berkembang dan bekerja dengan cepat.

Seleksi kandidat terbaik lebih mudah dengan SPISy HRIS !

For more detail information about
our solutions

For more detail information about
our solutions