5 Proses Rekrutmen Karyawan Yang Ada Di Perusahaan

by Administrator / July 09, 2021

Rekrutmen adalah salah satu proses yang dilakukan oleh perusahaan dalam menyeleksi kandidat calon karyawan perusahaan tersebut. Hal ini dilakukan agar nantinya bisa menyaring sumber daya manusia yang cocok dan sesuai dengan visi dan misi dalam perusahaan. Untuk itu, akan diulas tentang mengenal proses rekrutmen di perusahaan.

1. Proses Seleksi Administrasi

Mulai dari latar belakang dari pendidikan, pengalaman kerja hingga skill dan data data penunjang lain seperti portofolio dari pelamar. Biasanya hal tersebut akan dirangkum menjadi satu dalam curriculum vitae atau CV dan juga surat lamaran. Sehingga tahapan awal yang dilakukan adalah dengan menyerahkan terlebih dahulu CV dan nantinya pelamar akan menunggu panggilan apakah diterima atau tidak untuk tahapan berikutnya.

Dalam mengenal proses rekrutmen di perusahaan ini, calon pelamar perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang memang dicari oleh perusahaan. Hal ini bertujuan agar nantinya sesuai dengan yang diinginkan atau kualifikasi perusahaan. Selain itu, sebaiknya anda juga membuat CV yang menarik dan memiliki informasi penting sebagai data pendukung.

Perusahaan dapat menemukan berbagai macam modul, yang nantinya akan membantu agar performa HR serta payroll menjadi lebih meningkat. Modul modul ini pun pada akhirnya akan membantu perusahaan dalam berbagai proses demi keberlangsungan perusahaan itu sendiri, dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya.

KLIK DISINI UNTUK INFO : Merekrut karyawan dengan SPISy Software

2. Melakukan Interview Dengan HRD

Ketika calon pelamar telah dinyatakan lolos pada tahapan seleksi administrasi, maka tahapan berikutnya adalah melakukan interview dengan HRD Recruitment. Hal ini biasanya akan dilakukan dengan memanggil calon kandidat untuk bisa hadir dan melakukan sesi wawancara sebagai tahapan selanjutnya.

Saat anda dinyatakan lolos, usahakan untuk datang secara tepat waktu ketika memenuhi panggilan interview. Tak hanya itu saja, apabila anda memang berhalangan untuk hadir sebaiknya memberikan kabar. Pastikan anda mempersiapkannya dengan baik dan tidak grogi.

Hal ini dikarenakan ketika anda melakukan interview, maka pertanyaan yang sering kali muncul adalah seputar pengalaman kerja, kegiatan sehari hari dan juga seputar diri anda. Ada baiknya anda menjawab setiap pertanyaan dengan detail, runtut dan percaya diri. Selain itu, penting untuk menjaga agar attitude anda tetap baik selama proses wawancara.

3. Interview

Ketika anda telah mengenal proses rekrutmen di perusahaan, tahapan selanjutnya yang akan anda lakukan ketika telah lolos interview dengan HRD adalah interview user. Tahapan satu ini memang sekilas lebih sama dengan interview pertama atau wawancara yang anda lakukan dengan HRD.

Akan tetapi, ketika anda melakukan interview satu ini, tentunya anda pun akan dicecar dengan pertanyaan seputar teknik pekerjaan yang nantinya akan anda jalankan di tempat kerja atau perusahaan baru ini. sehingga, anda pun perlu memahami posisi yang anda lamar dan pastikan untuk terlihat meyakinkan.

Tak hanya itu saja, dalam tahapan satu ini biasanya recruiter akan cenderung menanyakan bagaimana pekerjaan anda sebelumnya dan juga tugas tugas apa saja yang telah dikerjakan. Disini, dalam mengenal proses rekrutmen di perusahaan, anda bisa menceritakan terkait prestasi yang pernah anda capai untuk mempromosikan diri anda.

4. Tahapan Psikotes

Jika anda telah lolos dua tahapan wawancara, biasanya akan langsung menuju ke tahapan psikotes. Saat ini beberapa perusahaan memang melakukan tes satu ini guna melihat bagaimana potensi dan juga bakat yang dimiliki oleh pelamar kerja. Beberapa perusahaan menggunakan tes dengan bersifat mandiri dan juga ada pula yang menggunakan bantuan dari lembaga psikotes.

Dalam menyelesaikan tahapan ini, sebaiknya anda pun bisa berlatih. Untuk itu, apabila anda mengetahui bahwa perusahaan yang ingin anda lamar mengharuskan atau memiliki tahapan psikotes, tak ada salahnya untuk belajar terlebih dahulu. Dengan menggunakan tes satu ini akan mampu melihat bagaimana calon pelamar dalam nantinya menyelesaikan pekerjaan di perusahaan tersebut.

5. Wawancara Dengan Manager HRD

Mengenal proses rekrutmen di perusahaan tak lengkap rasanya jika tak sampai ke tahapan akhir. Biasanya bagi anda yang telah lolos tahap psikotes, akan dilanjutkan dengan wawancara. Interview ini pun akan dilakukan secara langsung oleh manager HRD. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah anda layak berada di posisi pekerjaan tersebut.

Dalam tahapan ini, biasanya anda juga akan diberikan pertanyaan mengenai masalah range gaji. Oleh karena itu, berikan impresi yang menarik dan meyakinkan sehingga manager tersebut ingin untuk merekrut anda sebagai karyawannya. Sebab, usaha anda sebelumnya akan sia sia apabila anda tidak bisa menarik simpati dari manager HRD ini.

Itulah beberapa tahapan yang sering kali dilakukan ketika melamar pekerjaan. Setiap perusahaan pastinya akan memiliki sistem rekrutmen yang berbeda tergantung dari jenis pekerjaan dan perusahaannya. Namun, tahapan tersebut merupakan gambaran besar yang akan menentukan apakah anda bisa diterima atau tidak pada pekerjaan tersebut.

Seleksi kandidat terbaik lebih mudah dengan SPiSy HRIS !

For more detail information about
our solutions

For more detail information about
our solutions