Strategi - Sistem Reward And Punishment Di Perusahaan

by Administrator / Agustus 05, 2021

Dibalik persaingannya yang ketat, setiap perusahaan tentu saja akan memiliki caranya masing masing agar karyawannya memiliki sistem kerja yang bagus. Salah satunya adalah dengan menerapkan sistem reward and punishment di perusahaan. Cara tersebut dibilang cukup efektif untuk meningkatkan etos kerja karyawan. Lantas bagaimana strateginya? Berikut simak selengkapnya.

Pemberian Reward and Punishment Kepada Karyawan

1. Memberikan Konseling atau Surat Peringatan

Hal pertama yang dibahas terlebih dahulu adalah mengenai punishment yang ada di perusahaan. Jika seorang karyawan melakukan kesalahan, tentu saja perusahaan harus menindak secara tegas. Hal ini bertujuan agar karyawan tersebut tidak melakukan kesalahan secara terus menerus.

Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan dalam menerapkan punishment adalah dengan memberikan konseling khusus. Apabila karyawan tersebut masih melakukan kesalahan yang pertama dan tidak fatal, ada baiknya anda memberikan konseling atau pemberitahuan terlebih dahulu atas kinerjanya yang buruk.

Namun, apabila karyawan tersebut melakukan kesalahan yang sama secara berulang kali, maka surat peringatan atau SP menjadi salah satu cara yang bisa ditempuh. Dengan adanya sistem reward and punishment di perusahaan ini akan membuat karyawan menjadi segan untuk melakukan kesalahan berulang.

Selain itu, dengan adanya konseling khusus akan membuat perusahaan menjadi mengetahui apakah terdapat masalah atau problem dan juga hambatan pada karyawan tersebut dalam melakukan pekerjaannya. Dengan konseling ini, akan membuat karyawan menjadi dapat bekerja dengan lebih optimal.

2. Memotong Gaji

Salah satu bentuk punishment yang lain adalah pemotongan gaji. Hal ini biasanya akan dilakukan ketika perusahaan mendapati karyawan dengan sengaja melakukan kesalahan atau hal lain yang merugikan perusahaan. Dengan adanya pemotongan gaji atau pemotongan tunjangan tidak tetap ini akan bertujuan untuk memberikan jera kepada karyawan tersebut.

Sehingga, ketika perusahaan telah menerapkan sistem reward dan punishment di perusahaan, maka hal ini akan membuat karyawan tidak akan melakukan kesalahan yang sama. Sistem satu ini juga akan membuat karyawan lebih berhati hati di dalam melakukan pekerjaan. Apabila tidak mau berubah, maka perusahaan juga bisa mengeluarkan surat peringatan atau SP.

3. Memberikan Bonus atau Voucher

Tidak hanya dalam bentuk punishment saja, sebab pegawai atau karyawan yang baik juga akan diberikan reward atas pekerjaan yang dikerjakannya. Dengan memberikan voucher atau bonus juga bisa menjadi salah satu hadiah yang menyenangkan. Selain itu, karyawan juga akan beranggapan bahwa selama ini kerja keras kalian telah dihargai.

4. Memberikan Penghargaan Tahunan

Selain memberikan bonus, terdapat salah satu sistem reward and punishment di perusahaan. Diantaranya adalah dengan memberikan penghargaan tahunan. Award yang diberikan setiap tahun tersebut memang menjadi salah satu bentuk keberhasilan yang dicapai oleh seorang karyawan.

Dengan adanya penghargaan yang diberikan setiap tahunnya ini, maka hal tersebut juga akan menjadi pemicu semangat bagi karyawan lain agar tetap ulet di dalam bekerja. Sehingga, dengan adanya reward satu ini akan membuat semangat bagi karyawan yang lain juga.

5. Merayakan Keberhasilan Dengan Teman Kantor

Apabila salah satu proyek tembus atau telah selesai, sebaiknya perusahaan juga perlu merayakannya dengan teman sekantor. Hal ini bertujuan ketika terdapat pencapaian dalam kinerja sebuah perusahaan, tak ada salahnya untuk merayakan bersama dengan tim yang telah berjuang dan berusaha tersebut.

Sehingga, semua orang yang telah berusaha akan ikut merasakan jerih payah bersama sama. Dengan adanya reward satu ini akan mampu membangun kerja sama antar tim yang kuat. Apabila kerja tim telah kuat, hal ini akan mampu menjadi contoh bagi karyawan yang lain dan juga akan membuat pekerjaan lebih maksimal.

6. Memberikan Pujian

Ketika seorang karyawan berhasil melakukan pekerjaan dengan baik, tak ada salahnya sebagai atasan anda juga perlu untuk memberikan pujian. Hal ini bertujuan agar karyawan tersebut merasa hasil kerja keras dan jerih payahnya merasa dihargai dan akan membuatnya bisa bekerja dengan lebih semangat.

Hal ini dikarenakan sistem reward and punishment di perusahaan dengan jenis satu ini merupakan salah satu bentuk penghargaan yang tidak akan bisa anda beli dengan uang. Sebab, pujian yang tulus akan membuat seorang karyawan menjadi betah dan loyal untuk bekerja di perusahaan anda. Berikan pujian yang sungguh sungguh dan mengena di hati, apabila karyawan tersebut telah berkontribusi yang baik pada perusahaan.

Itulah beberapa jenis reward dan juga punishment yang bisa anda berikan kepada karyawan di perusahaan. Apabila kinerja dari karyawan tersebut bagus, maka tak ada salahnya untuk memberikan bonus maupun penghargaan atas kerja kerasnya. Namun, apabila karyawan tersebut memang memiliki kinerja yang buruk, lebih baik anda juga bisa memberikan teguran dan juga peringatan agar tidak melakukan kesalahan yang sama lagi.

Klik disini untuk informasi lebih lanjut mengenai : Inilah keunggulan Spisy Software.

Evaluasi Kinerja Karyawan Melalui SPISY HRIS !

For more detail information about
our solutions

For more detail information about
our solutions