Jangan Salah Pilih, Ini Dia 9 Tips Memilih Aplikasi HRIS Terbaik untuk Bisnis Anda!

by Administrator / April 30, 2021

Di era modern seperti saat ini industri mulai mengandalkan software sebagai tulang punggung. Software tersebut digunakan untuk mencapai tujuan bisnis yang efektif dan efisien. Misalnya saja untuk penjualan produk, keuangan, sistem layanan konsumen, pengadaan barang sampai dengan pergudangan. Tidak terkecuali di dalam dunia manajemen sumber daya manusia. HR atau perusahaan saat ini mengadopsi HRIS software yang sesuai dengan karakter perusahaan Anda. Perusahan baik yang besar maupun rintisan atau startup, harus menyeleksi HRIS yang tepat untuk bisnis mereka. Bagi Anda pemilik bisnis yang sedang mencari perangkat lunak HRIS ada beberapa tips memilih aplikasi HRIS terbaik yang harus Anda perhatikan seperti berikut ini:

Mengelola SDM ini tidak mudah, manusia dengan berbagai sifat dan latar belakang yang berbeda ini harus diperhatikan oleh perusahaan untuk bisa memanajemen karyawan dengan baik. Pengelolaan SDM tidak hanya memberikan motivasi atau membuat karyawan disiplin saja, namun juga bisa mengembangkan dan memberikan hak kepada mereka.bih otomatis dan juga sistematis.

Pertimbangkan Fleksibilitas

Tips memilih HRIS terbaik yang bisa Anda lakukan mempertimbangkan fleksibilitas. Setiap perusahaan ini membutuhkan fitur HR yang berbeda mengingat jumlah karyawan dan sistem kerja yang diberlakukan berbeda. Ada baiknya jika Anda memperhatikan yang berhubungan dengan fleksibilitas software HR itu sendiri sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Tidak hanya itu saja, Anda bisa memperhatikan fitur yang ditawarkan oleh HRIS tersebut. Pilih software yang fiturnya bisa dikustomisasi dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Keamanan Data

Tips memilih aplikasi HRIS terbaik yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah perhatikan keamanan data. Seiring dengan perkembangan teknologi internet saat ini cybercrime akan terus meningkat. Data adalah aset perusahaan sehingga jika Anda kehilangan data tersebut Anda akan kehilangan aset tersebut. Data yang tersimpan dengan cara manual ini rentan mengalami pencurian sehingga hal ini akan merugikan perusahaan. Anda harus menjamin keamanan data internal perusahaan dengan baik sehingga memberikan update sistem untuk bisa mencegah peretasan.

Mudah Dioperasionalkan

Tips memilih aplikasi HRIS terbaik yang bisa dilakukan adalah pilih yang mudah dioperasionalkan. Beberapa software HRIS ternama dibangun dengan menggunakan bahasa yang sulit dimengerti oleh HR yang ada di perusahaan. Terutama bagi HR yang masih awam dengan teknologi HR tersebut. Alih-alih dalam memudahkan pekerjaan mereka, bahasa operasional yang sulit dimengerti justru akan membuat pekerjaan menjadi terhambat.

Mulai Fitur Dasar yang Sederhana

Jika Anda merasa ragu dengan fitur apa saja yang diperlukan oleh perusahaan Anda maka Anda bisa memilih software dengan fitur dasar yang diperlukan oleh perusahaan Anda. Sebaiknya Anda bisa memilih berbagai fitur dasar yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

Akurasi Sistem

Berbeda dengan cara kerja manusia, software HRIS ini dibangun berdasarkan sistem pada sebuah komputer. Tentu saja sistem ini akan mengalami kesalahan jika Anda salah dalam memasukkan data. Oleh sebab itu untuk memilih aplikasi HRIS ini penting untuk memilih yang sistemnya akurat. Untuk mengeceknya Anda bisa mencoba fitur–fitur yang ada di aplikasi tersebut, apakah ada kesalahan atau error yang sering terjadi atau tidak. Anda bisa meminta masa trial untuk mencocokkan data. Masa itu juga untuk menghitung dan memastikan keakuratan penghitungan yang dilakukan di sistem tersebut.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Perusahaan

Tips memilih HRIS selanjutnya adalah Anda bisa memilih aplikasi yang mana sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Setiap perusahaan ini memiliki kebutuhannya masing-masing, Anda bisa membuat list atau urutan yang paling krusial. Anda bisa memilih fitur utama yang mana bisa memberikan efisiensi waktu bekerja di divisi HRD.

Mampu Memberikan Nilai Tambah

Banyak yang mengira jika aplikasi HRIS on-premise akan lebih baik performanya dibandingkan dengan yang basisnya cloud. Meski begitu HRIS dengan basisnya on-premise ini kurang fleksibel dan biayanya sangat fantastis. HRIS ini juga tidak fleksibel ketika perusahaan menghadapi perubahan.

Terkadang aturan pemerintah maupun kebijakan yang diberlakukan oleh perusahaan ini bisa langsung diterapkan pada software HRIS on-premise sehingga Anda harus menanggung biaya yang cukup besar. Untuk mengubah sistem diperlukan biaya tambahan seperti pemasangan awal, perusahaan juga harus bisa menanggung biaya maintenance secara rutin kemudian ditambahkan dengan fitur baru.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk mencari HRIS yang mana memang mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaan Anda. Perhatikan budget perusahaan Anda apakah cukup untuk menerapkan HRIS on premise tersebut. Jika memiliki dana terbatas maka HRIS dengan basis cloud lebih disarankan. HRIS berbasis cloud ini lebih hemat dan juga lebih fleksibel sehingga Anda bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja. Biaya maintenance juga terjangkau dan Anda mudah menambahkan berbagai macam fitur baru yang perusahaan Anda butuhkan.

Kemampuan Integrasi yang Bagus

Software akan dikatakan canggih dan modern jika memiliki kemampuan integrasi yang bagus. HRIS tersebut mampu mengintegrasikan berbagai macam data kemudian bisa menyajikan hasil akhir yang bagus. Integrasi yang ditawarkan oleh software ini juga akan meminimalkan human error atau kesalahan pencatatan yang membuat data menjadi tidak akurat.

Pilih Vendor Berpengalaman dan Terpercaya

Tips terakhir yang bisa dilakukan adalah memilih vendor yang berpengalaman dan juga terpercaya. Vendor terbaik mampu memberikan pelayanan terbaik kepada Anda, fast response saat membutuhkan bantuan atau masalah dan sebagainya.

Demikianlah tips memilih aplikasi HRIS terbaik yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

For more detail information about
our solutions

For more detail information about
our solutions