Tips Menghadapi Interview User Dan Contoh Pertanyaannya

by Administrator / July 19, 2021

Interview merupakan tahapan yang penting dan tidak bisa diabaikan begitu saja. anda tentu membutuhkan persiapan yang tidak sembarangan. Umumnya, proses interview terdiri dari 2 proses yakni interview HRD dan interview user. Pastikan anda memahami perbedaan keduanya dan berikut ada beberapa tips menghadapi interview user untuk membantu proses interview anda.

Tips Untuk Menjalani Interview User

1. Pastikan Anda Mengenal User Anda

Hal yang harus anda lakukan pertama kali sebelum berangkat interview, ada baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu. Dengan begitu anda akan mengetahui latar belakang dari user. Anda juga akan memiliki kesempatan untuk membangun hubungan yang baik nantinya selama wawancara berlangsung. Dimana hal ini memberikan peluang anda diterima dalam perusahaan tersebut.

Karena umumnya perusahaan akan memilih kandidat yang mereka sukai dan juga terlihat cocok dengan budaya perusahaan. Informasi terkait pekerjaan dan sifat user juga bisa memupuk rasa percaya diri anda. Darimana anda bisa mengenali user? Saat ini sudah ada media sosial seperti Linkedin yang bisa anda manfaatkan untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

2. Jangan Sampai Terlambat

Tips menghadapi interview user dan bisa anda terapkan adalah tidak terlambat saat akan interview. Sama halnya ketika wawancara HRD, poin satu ini tidak boleh diabaikan. Namun ketika sudah pada tahapan ini, tentu akan lebih penting. Mengingat anda bisa memberikan impresi pertama yang buruk pada calon user apabila anda terlambat.

Terutama jika anda sampai membuat interviewer menunggu anda. Maka dari itu, ada baiknya untuk datang lebih awal. Lebih baik anda yang menunggu daripada terlambat, pasalnya anda tak akan bisa memprediksi halangan yang bisa menghadang. Anda bisa datang 20 menit lebih awal yang bisa digunakan untuk menyiapkan diri lebih awal.

3. Harap Tenang

Hal penting yang perlu diperlihatkan ketika anda menjalani interview adalah tetap tenang. Memang siapapun pasti akan merasa tegang ketika menghadapi interview, terutama ketika pertama kali. Namun anda tetap harus mencoba tenang, dengan begitu anda bisa berpikir jernih ketika memberikan jawaban nantinya. Fokus saja pada pertanyaan user agar anda bisa menjawab sesuai.

4. Menunjukkan Sisi Unik yang Anda Miliki

Memang untuk mendapatkan pekerjaan bukanlah hal yang mudah, karena anda akan melalui persaingan yang ketat. Walaupun anda sudah melalui proses ini belum tentu anda bisa lolos. Maka dari itu tips menghadapi interview user yang selanjutnya adalah menunjukkan sisi unik yang telah anda miliki.

Namun tetap pastikan jika keunikan yang anda tunjukkan masih berhubungan dengan pekerjaan anda. Dengan begitu user akan lebih tertarik pada calon pekerja yang memiliki kemampuan juga keunikan. Keunikan ini bisa anda jelaskan dengan sejelas jelasnya, bisa juga menggunakan gestur atau tubuh untuk membantu menerjemahkan maksud anda.

5. Menunjukkan Sisi Unik yang Anda Miliki

Dalam interview user anda juga tidak bisa melepaskan sopan santun dalam bersikap. Sopan tidak hanya terlihat dari cara anda bersikap, tetapi juga terlihat dari pakaian yang anda kenakan. Sopan santun juga akan mengukur kualitas yang anda miliki pada user. Anda bisa mendapatkan penilaian yang positif dari pewawancara anda.

Namun tetap pastikan jika keunikan yang anda tunjukkan masih berhubungan dengan pekerjaan anda. Dengan begitu user akan lebih tertarik pada calon pekerja yang memiliki kemampuan juga keunikan. Keunikan ini bisa anda jelaskan dengan sejelas jelasnya, bisa juga menggunakan gestur atau tubuh untuk membantu menerjemahkan maksud anda.

6. Berbicara di Waktu Yang Tepat

Tidak kalah penting, ketika interview pastikan anda juga memperhatikan waktu bicara anda. Memang hal ini terlihat sepele, tetapi akan memberikan gambaran akan karakter yang anda miliki. Sebagai contoh, anda sebaiknya menghindari bicara sebelum dipersilahkan, atau membicarakan hal yang tidak berkaitan dengan interview.

Walaupun sebenarnya ketika melakukan interview tidak mengapa untuk bertanya. Justru anda harus bertanya jika anda hal yang tidak dimengerti. Umumnya akan diberikan waktu di akhir sesi. Tips menghadapi interview user ini tidak hanya untuk menjaga penilaian anda, tetapi juga memiliki kesempatan besar untuk anda bisa diterima di pekerjaan ini.

7. Persiapan Waktu yang Tepat

Dalam melakukan wawancara user, tentu akan ada pertanyaan pertanyaan yang butuh untuk anda jawab. Setiap user akan memberikan pertanyaan yang pastinya berbeda. Namun pertanyaan yang ditanyakan umumnya memiliki garis besar. Pertanyaan tersebut meliputi apakah anda sudah memahami job description pekerjaan tersebut.

Pertanyaan ini memang terlihat umum, tetapi memiliki peranan yang penting. Pertanyaan selanjutnya bisa berupa bagaimana anda ketika menyelesaikan tugas dengan waktu singkat. Pekerjaan ini akan memperlihatkan kemampuan kamu dalam multitasking atau bisa berada dalam tekanan atau tidak. Pertanyaan yang juga sering ditanyakan adalah alasan harus menerima anda.

Beberapa pertanyaan yang telah disebutkan tentu harus dijawab dengan tepat. Anda harus sudah menyiapkan kira kira akan menjawab seperti apa. Dalam tips menghadapi interview user ini, anda bisa memberikan jeda beberapa saat sebelum menjawab dengan mengulang pertanyaan user. Pastikan jika tidak menunjukkan pertentangan ketika menjawab semua pertanyaan yang ada.

Proses interview memang merupakan proses yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. SDM yang berkualitas juga akan membentuk kualitas perusahaan. agar memudahkan pengaturan SDM, Sakura System Solutions yang merupakan software untuk keperluan HR. Dengan adanya software ini maka akan semakin mudah mengurus masalah HR. Klik disini untuk informasi lebih lengkap : SPISy Software. Itulah informasi mengenai tips menghadapi interview user dari Sakura System. Semoga bermanfaat.

For more detail information about
our solutions

For more detail information about
our solutions