ON PREMISES, SERVER CLOUD, DAN SAAS, Wajib Tahu Sebelum Menggunakan Tiga Layanan ini

by Administrator / June 04, 2022

Perkembangan teknologi informasi telah menjadi pilar utama bagi seluruh bidang usaha. Dahulu teknologi informasi hanya memiliki peran sebagai sarana pendukung untuk operasional saja. Teknologi informasi telah berevolusi menjadi suatu basis penting dimana hal- hal subtansial dari sebuah bisnis ataupun perusahaan akan didokumentasikan dan disimpan dalam sebuah unit basis data, dimana aktivitas bisnis tersebut akan lebih terarah dan mudah di monitoring oleh para pelaku bisnis. Unit basis data tersebut akan tersimpan pada suatu wadah dengan media komputer server. Banyak sekali pelaku bisnis bidang IT yang menawarkan produk yang beraneka ragam dan diiringi oleh banyaknya variasi layanan kepada pelaku usaha ataupun perusahaan, salah satu diantaranya adalah Layanan On-Premise, Layanan Server Komputer, dan Layanan SaaS. Sebelum Anda menggunakan teknologi informasi di perusahaan ataupun unit usahanya, alangkah lebih baiknya mengetahui manfaat dari setiap layanan tersebut.

Apa itu Layanan On-Premises?

On-Premises merupakan konsep implementasi secara konvensional, dimana pihak pengguna harus dapat menyiapkan penggadaan perangkat lunak seperti komputer server, perangkat pendukung, pengaturan infrastruktur hingga mengantisipasi prihal keamanan. Banyak perusahaan yang menggunakan konsep ini karena memiliki alasan yang kuat dimana perusahaan dapat mudah mengontrol seluruh aspek seperti keamanan data yang bersifat rahasia. Disamping Konsep On-Premises yang memiliki manfaat yang besar, konsep ini membutuhkan biaya yang besar karena anda harus dapat merawat dan menjaga komputer server sehingga tidak terjadi masalah yang diinginkan.

Apa itu Layanan Server Cloud?

Cloud server, Komputasi awan atau teknologi Cloud adalah suatu perpaduan dan kolaborasi antara pemanfaatan teknologi computer dan Internet. IEEE mengatakan bahwa teknologi tersebut adalah paradigma penyajian informasi secara yang bersifat sementara di datacenter. Komputasi awan lebih menekankan kepada menyajikan informasi dari suatu perangkat lunak dalam bentuk layanan sehingga anda cukup menyediakan peranti akses lengkapdengan internet untuk mendapatkan benefitnya. Sebagai pengguna, anda akan mendapatkan keuntungan jika menggunakan konsep cloud diantaranya anda akan dibantu untuk menjaga keamanan data oleh penyedia jasa cloud dan layanan backup data perusahaan akan lebih disiplin.

Apa itu Layanan SaaS?

SaaS memiliki singkatan software as Service, suatu konsep dimana berfokus pada layanan yang memberikan kemudahaan bagi pengguna untuk memanfaatkan sumber daya perangkat lunak atau software yang sudah disiapkan oleh pihak pemberi jasa dengan cara berlangganan. Banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh sang penyewa, salah satunya adalah tidak terbebani untuk melakukan aktivitas perawatan / maintenance pada perangkat lunak karena hal tersebut akan dilakukan oleh pihak pemberi jasa. Tak hanya sampai disitu, penyewapun dapat melakukan efisiensi dari aspek biaya investasi, dikarenakan layanan SaaS tidak perlu untuk mengadakan atau membeli perangkat keras guna mengoperasikan perangkat lunak yang disewa. Ada beberapa faktor yang harus anda pertimbangkan ketika ingin menggunakan layanan SaaS, yaitu fitur yang akan didapatkan masih umum, mengingat konsep layanan ini bersifat multi-tenant.


SPISy HRIS dapat diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, yaitu on-premise, private cloud, maupun dengan konsep Software As Service (SaaS).

PT. Sakura System Solutions adalah penyedia solusi aplikasi hris indonesia termasuk system payroll untuk perusahaan Anda. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dalam memberikan pelayanan terbaiknya, membuat PT. Sakura System Solutions menjadi salah satu penyedia jasa HRIS terbaik di Indonesia.

Pelajari lebih lanjut keunggulan Spisy HRIS dan Klik disini untuk informasi lebih lanjut mengenai Sakura System Solutions.

Arsipkan Kandidat Terbaik Anda Melalui SPISy HRIS !

For more detail information about
our solutions

For more detail information about
our solutions