Ini Dia 7 Alasan Perusahaan Anda Harus Menggunakan Payroll System!

by Administrator / May 21, 2021

Penggajian atau payroll di sebuah perusahaan menjadi hal yang tidak boleh dianggap sepele.Hal karena akan memberikan dampak terhadap perusahaan itu sendiri. Payroll yang lancar dan dibayarkan secara tepat dan tepat akan membuat karyawan memiliki semangat kerja yang jauh lebih meningkat. Tidak hanya itu saja, kepuasan karyawan terhadap perusahaan juga bisa meningkat. Banyaknya komponen penggajian ini membuat penggajian yang dilakukan oleh perusahaan tidak bisa berjalan dengan tepat waktu. Komponen penggajian ini misalnya adalah lembur, bonus, potongan pajak, pengelolaan BPJS dan lain sebagainya.

Divisi HR yang mengurusi penggajian pun akan mengalami kesulitan akibat payroll ini rumit dan menguras waktu padahal tugasnya tidak berkutat pada payroll saja. Masih ada tugas HR lainnya yang harus dikerjakan. Karena terlalu banyak berkutat dalam administrasi maka tidak mengherankan jika performa HR ini tidak maksimal terutama dalam melakukan manajemen karyawan. Agar tidak berimbas pada performa karyawan maka saat HR merasa kewalahan penting untuk menggunakan bantuan berupa payroll system. Berikut adalah beberapa alasan perusahaan Anda harus menggunakan payroll system yang harus Anda ketahui berikut ini:


Hemat Waktu

Jika karyawan Anda masih bisa dihitung dengan jari maka tidak masalah jika Anda masih menggunakan payroll manual. Namun apa jadinya jika karyawan yang Anda miliki ini jumlahnya ratusan atau bahkan ribuan, berapa banyak waktu yang akan Anda keluarkan untuk menghitung dan melakukan payroll tersebut. Tantangan dalam penggajian perusahaan adalah waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan dan ketidakmampuan dalam menemukan cara yang efektif. Dengan adanya payroll system ini perusahaan Anda akan bisa melakukan pekerjaan rutin tiap bulan dengan lebih lancar, cepat dan juga akurat.


Lebih Fokus Pada Pengembangan Bisnis

Anda yang hanya terfokus pada administrasi dan juga proses penggajian akan membuat bisnis menjadi sulit berkembang. Dengan terbantu payroll system bisnis akan lebih fokus pada tahap pengembangan bisnis dengan memanajemen karyawan di perusahaan Anda menjadi lebih baik. Anda juga bisa fokus terhadap karyawan dalam bagian penjualan agar bisa meningkatkan penjualan dan bisa memperluas jaringan bisnis Anda.


Keamanan Data Meningkat

Dengan Anda mengerjakan penggajian secara mandiri itu artinya membuat karyawan bisa mengakses data perusahaan dan juga bisa mengakses informasi payroll perusahaan Anda. Dengan hal ini akan membuat mereka bisa melakukan manipulatif data dan juga utak-atik catatan untuk kepentingan pribadi mereka sendiri. Berbeda jika Anda menggunakan payroll system dimana pihak karyawan yang berkepentingan bisa melihat jumlah gajinya namun tidak bisa mengubah isi didalamnya. Dengan data yang lebih transparan ini akan membuat karyawan menjadi lebih puas dengan kinerja perusahaan. Peluang manipulatif juga rendah karena hanya karyawan yang berkepentingan saja yang bisa masuk ke dalam sistem tersebut.


Integrasi yang Bagus

Jika Anda menggunakan software payroll yang terbaik maka bisa melakukan integrasi yang bagus. Hal ini bisa Anda lakukan jika sumber datanya adalah sama dan tidak bisa dilakukan jika sumber datanya tidak sama. Yang membuat payroll atau penggajian ini memakan waktu adalah Anda harus mencari data karyawan yang bersangkutan terlebih dahulu. Gaji ini akan disesuaikan dengan data dan juga kontribusi yang dilakukan oleh karyawan tersebut. Semakin besar kontribusi yang diberikan oleh karyawan Anda maka semakin tinggi gaji yang diberikan oleh perusahaan. Tidak hanya itu saja, jumlah tanggungan dan juga jam lembur ini juga mempengaruhi jumlah gaji yang diberikan karyawan. Dengan menggunakan payroll software ini data karyawan akan bisa langsung muncul kemudian mesin atau software ini yang akan melakukan penghitungan sehingga kesalahan hitung tidak akan terjadi seperti penghitungan manual yang dilakukan oleh manusia.


Mudah Digunakan

Alasan perusahaan Anda harus menggunakan payroll system adalah lebih mudah digunakan. Banyak perusahaan yang enggan menggunakan software dan juga teknologi yang canggih karena dirasa akan menyulitkan perusahaan. Padahal payroll ini akan bisa memudahkan proses penggajian yang dilakukan perusahaan. Payroll ini memiliki user interface yang lebih mudah dipahami. HR bukan kalangan IT juga bisa menggunakannya dan beradaptasi dengan sistem tersebut.


Laporan yang Otomatis dan Akurat

Laporan penggajian jika dikerjakan secara manual juga akan membuat hasilnya tidak real time dan juga tidak akurat, berbeda jika menggunakan bantuan sistem seperti payroll software ini. Dengan software ini mudah bagi Anda untuk membuat laporan yang otomatis dan juga periode tertentu. HR tidak harus membuang waktu dan tenaga untuk membuat laporan secara manual. Dengan satu klik saja laporan akan bisa tersusun dengan rapi oleh sistem.


Fleksibel

Jika dulunya HR harus datang ke kantor untuk menghitung gaji namun dengan payroll system saat ini menghitung gaji bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Dengan penyimpanan berbasis cloud HR bisa menghitung kapan saja dan dimana saja.


Penutup

Demikianlah beberapa alasan perusahaan Anda harus menggunakan aplikasi payroll system, bisa disimpulkan bahwa HR software sangat menguntungkan bagi perusahaan sehingga akan sangat disayangkan jika perusahaan Anda belum mengimplementasikannya, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Arsipkan Kandidat Terbaik Anda Melalui SPISy HRIS !

For more detail information about
our solutions

For more detail information about
our solutions