Apa Saja Tahapan Wawancara Kerja? Yuk Cari Tahu Selengkapnya Disini

by Administrator / July 13, 2021

Dalam merekrut karyawan baru, setiap perusahaan pastinya akan memiliki tahapan yang berbeda beda. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan karyawan yang ada dalam perusahaan tersebut memang tidak sama antara satu dengan yang lainnya, termasuk juga dalam tahapan wawancara kerja. Lalu, apa saja tahapan wawancara kerja? Anda bisa menyimak ulasannya berikut ini.

TAHAPAN INTERVIEW HRD

Ketika anda dipanggil untuk melakukan tahapan interview, maka wawancara yang pertama kali akan dilakukan adalah dengan HRD. Pada umumnya tahapan wawancara ini akan dilakukan dengan tujuan untuk mengenal berbagai macam kandidat yang akan dipanggil dan mengisi posisi pekerjaan yang ada.

Untuk itu, terdapat beberapa pertanyaan yang mungkin akan masih sangat dasar. Adapun pertanyaan tersebut antara lain adalah berisi tentang pengalaman selama bekerja, pengenalan diri dan juga gambaran tentang bagaimana diri anda di masa mendatang. Sehingga dalam melakukan tahapan satu ini, memang dibutuhkan rasa percaya diri yang kuat.

- Pertanyaan Wawancara Kerja

apa saja tahapan wawancara kerja? Mungkin pertanyaan tersebut seringkali terbersit dalam diri anda. Oleh karena itu, dalam tahapan ini biasanya recruiter akan melakukan pertanyaan terkait dengan yang ditulis oleh pelamar dalam CV yang diserahkan. Sehingga, anda pun harus bisa menjawab berbagai macam pertanyaan tentang diri anda sendiri.

Meskipun tahapan wawancara satu ini terdengar sangat mudah, akan tetapi anda diharuskan tetap mengetahui profil dari perusahaan yang anda lamar dan juga posisi yang ingin untuk anda lamar. Hal ini sebagai tujuan agar nantinya pihak HRD menjadi tahu bahwa anda memang niat untuk bekerja di tempat tersebut.

- Wawancara / Interview Pekerjaan Disertai Tes Keahlian

Adapun tahapan wawancara satu ini umumnya akan dilakukan bersamaan dengan berbagai tes. Diantaranya adalah tes tentang keahlian yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut dan juga psikotes yang berfungsi untuk mengetahui bagaimana calon kandidat dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapinya.

Sehingga ketika anda telah sampai ke tahapan satu ini, penting untuk menunjukkan rasa percaya diri namun tetap tidak angkuh. Hal ini bertujuan agar nantinya anda bisa menarik hati seorang HRD bahwa anda memang yakin dengan jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan tersebut.

Tips untuk Anda : Menjawab Pertanyaan Harus Jujur !

Pada saat mengetahui apa saja tahapan wawancara kerja, anda memang disarankan untuk tidak menjawab pertanyaan dengan berbohong. Terutama pada hal yang anda tuliskan pada CV. Hal ini dikarenakan tidak jarang perusahaan akan melakukan tes keahlian langsung.

Apabila anda berbohong tentang CV tersebut tentu saja hal ini akan langsung ketahuan. Dan anda pun tidak akan diizinkan untuk melanjutkan ke tahapan wawancara selanjutnya. Selain itu, hal ini juga akan berakibat sangat fatal bahkan anda pun bisa di blacklist dari daftar perusahaan tersebut apabila membuka rekrutmen berikutnya.

TAHAPAN INTERVIEW USER

Setelah anda lolos pada tahapan interview dengan HRD, maka anda pun akan bisa melanjutkan tahapan lain yakni interview user. Untuk tahapan satu ini, biasanya anda akan langsung berbicara atau diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan pekerjaan anda nantinya. Sehingga dibutuhkan pengetahuan terkait pekerjaan yang nantinya anda lamar.

Apa saja tahapan wawancara kerja? Salah satu pertanyaan ini bisa dijawab yakni dengan wawancara user. Tahapan satu ini biasanya akan anda lakukan setelah beberapa minggu ketika anda dinyatakan lolos tahapan berikutnya. User ini sendiri biasanya adalah atas maupun kepala divisi dimana anda nantinya akan ditempatkan.

Sehingga tahapan satu ini pun sangat penting untuk kedepannya. Jangan sampai anda melakukan kesalahan pada tahapan interview user satu ini. untuk tahapan satu ini, biasanya anda akan diberikan pertanyaan seputar hal hal yang teknik dengan pekerjaan anda nantinya di perusahaan tersebut.

Tidak hanya itu saja, anda juga akan diberikan pertanyaan mengenai pengalaman terkait dengan bidang yang anda lamar. Apakah pekerjaan sebelumnya atau pengalaman yang anda miliki relevan dengan bidang yang anda lamar di perusahaan tersebut. Sehingga dalam tahapan satu ini, biasanya rekuter akan menguji kandidat pelamar kerja dengan pertanyaan seputar analisis.

Pertanyaan seperti apa saja tahapan wawancara kerja, dalam tahapan ini pelamar juga akan diberikan berbagai macam pertanyaan yang memiliki kemampuan khusus. Bahkan tak jarang, anda pun akan diminta untuk memberikan gambaran ide atau sistem kerja yang nantinya akan anda jalankan di perusahaan satu ini. oleh karena itu, penting bagi anda untuk bisa menjelaskan dengan baik. Hal ini dikarenakan biasanya tahapan satu ini merupakan tahapan akhir dari proses melamar kerja.

Untuk itu, bagi anda yang sedang melamar kerja, penting untuk memperhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah tahapan interview satu ini. Dengan begitu, ketika anda mendapatkan panggilan untuk melakukan wawancara, anda pun bisa melakukannya dengan baik, sehingga nantinya anda akan bisa menjawab pertanyaan dengan percaya diri dan juga akan membuat anda bisa diterima untuk bekerja di perusahaan yang dilamar.

Penutup

Itulah informasi mengenai tahapan wawancara kerja yang perlu Anda ketahui. Sebagai simpulan, pada tahapan wawancara kerja pada umumnya dibagi menjadi dua. Yakni interview dengan HRD dan user.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, maka Anda harus menyiapkan tahapan interview ini dengan sebaik mungkin. Termasuk dalam hal menggali lebih dalam tentang perusahaan yang Anda tuju dan lainnya. Harap diperhatikan bahwa pada saat interview ini, Anda harus menjadi diri sendiri dan jangan sampai berbohong. Karena hal tersebut akan berakibat buruk juga bagi Anda. Semoga bermanfaat.

Seleksi kandidat terbaik lebih mudah dengan SPiSy HRIS !

For more detail information about
our solutions