Mengenal Definisi hingga Rekomendasi Aplikasi Gaji Karyawan dengan fitur Unggulan Terbaik

by Gibran Respati / January 04, 2024


Bagi perusahaan besar, penggajian karyawan terkadang menjadi suatu hal yang rumit dan memusingkan bagi staff keuangan. Oleh karenanya, di era yang semakin canggih, kini telah hadir aplikasi gaji karyawan yang dapat memudahkan staff keuangan dalam melakukan aktivitas bulanan rutin ini.

Memiliki ragam fitur menarik yang memberi banyak manfaat, nyatanya masih banyak perusahaan yang belum menggunakan aplikasi penggajian karyawan karena belum begitu memiliki pemahaman mengenai aplikasi ini. Bagi Anda yang sedang dipusingkan dengan carut marutnya sistem penggajian di perusahaan Anda, jangan biarkan karyawan Anda kecewa, dan mari mengenal aplikasi penggajian karyawan melalui ulasan berikut!


Apa Itu Aplikasi Gaji Karyawan?

Saat ini teknologi di Indonesia semakin canggih, sehingga banyak perusahaan besar yang memanfaatkan teknologi untuk menunjang aktivitas di kantor. Salah satu bukti kemajuan teknologi tersebut adalah hadirnya aplikasi untuk menggaji karyawan.

Aplikasi gaji karyawan atau payroll adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengelola dan mengatur pembayaran gaji karyawan. Melalui aplikasi ini, penyaluran gaji karyawan akan lebih mudah. Sebab bagian keuangan tidak perlu menghitung dan mendistribusikan gaji secara manual. Semua dilakukan by system dan cashless.

Keberadaan aplikasi gaji tentu sangat bermanfaat bagi perusahaan-perusahaan besar. Terlebih saat ini sudah banyak aplikasi gaji yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Hal ini tentu memberikan keuntungan bagi karyawan dan juga pengusaha.



Bagaimana Aplikasi Gaji Karyawan Bekerja?

Aplikasi untuk gaji dibuat khusus untuk mempermudah proses penggajian karyawan sesuai dengan strategi kompesasi dan manfaat di berbagai instansi. Menariknya aplikasi gaji bisa digunakan oleh semua lembaga baik lembaga pemerintah maupun lembaga swasta. Sehingga tidak heran jika keberadaan aplikasi ini menjadi sangat penting.

Cara kerja aplikasi ini juga terlihat lebih simpel, sebab aplikasi mampu menghitung gaji karyawan dengan cepat, bahkan penghitungan gaji karyawan jauh lebih akurat. Selain itu, aplikasi gaji juga sudah terhubung dengan mesin absensi.

Apabila terdapat karyawan yang mengambil cuti ataupun absensi, aplikasi ini sudah mampu mendeteksi. Sebab ada beberapa perusahaan yang memotong gaji karyawan saat mengambil absensi tanpa adanya perhitungan yang jelas. Dengan demikian, aplikasi gaji sangat membantu aktivitas penggajian sehingga menjadi lebih mudah dan efisien.



Manfaat Aplikasi Gaji Karyawan

Penggunaan aplikasi payroll dalam suatu perusahaan sebenarnya dilakukan untuk meringankan pekerjaan staff keuangan. Mengingat perusahaan besar tentu memiliki banyak karyawan, sehingga proses penggajian tidak bisa dilakukan secara manual. Berikut beberapa manfaat aplikasi payroll.

1. Proses Penghitungan Gaji Lebih Mudah

Saat menghitung gaji karyawan secara manual, tentu memerlukan waktu yang cukup banyak. Hal ini disebabkan karena penghitungan gaji memuat banyak komponen yang berkaitan dengan gaji seperti jumlah tunjangan, bonus, hingga potongan gaji

Dengan adanya aplikasi gaji, pemberian gaji akan berangsur dengan cepat. Hal ini disebabkan karena aplikasi gaji sudah menerapkan sistem hitung secara otomatis. Sehingga keberadaan aplikasi gaji sangat bermanfaat bagi pengusaha hingga karyawan.

2. Rincian Slip Gaji Bersifat Transparan

Apabila memberikan gaji karyawan dengan sistem manual, maka slip gaji terkadang kurang akurat. Hal ini sangat berbeda dengan aplikasi gaji yang tentunya lebih jelas dan bersifat transparan. Sebab karyawan bisa melihat rincian gaji melalui gawai.

Dengan adanya aplikasi gaji, karyawan tidak perlu mengonfirmasi pada HRD mengenai pengiriman dan rincian gaji. Sebab aplikasi gaji secara otomatis akan memberikan notifikasi saat gaji telah dikirim ke masing-masing karyawan berikut dengan slip gajinya.

3. Meringankan Staf HRD

Dengan adanya aplikasi gaji, staf HRD akan memiliki tugas yang lebih ringan. Sebab sebelumnya para staff HRD harus melakukan penghitungan gaji karyawan secara manual. Dimana penghitungan gaji secara manual akan memakan banyak waktu, bahkan hasilnya terkadang sering keliru.

Waktu HRD yang dulunya terkuras habis untuk menghitung gaji karyawan kini lebih dipersingkat. Hasil penghitungan gaji karyawan melalui aplikasi jauh lebih akurat karena tidak adanya resiko human error.

4. Pemberian Gaji yang Sesuai Undang-undang

Pemerintah Indonesia telah menetapkan gaji karyawan dalam peraturan perundangan-undangan. Aturan ini mencakup beberapa hal mulai dari upah sesuai UMR daerah masing-masing hingga iuran jaminan. Dengan adanya aplikasi gaji, maka aturan ini dapat diterapkan dengan baik. Selain itu, aplikasi gaji karyawan juga menjamin pemberian upah karyawan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hal inilah yang menyebabkan banyak perusahaan mulai menggunakan aplikasi gaji untuk memberikan gaji karyawan.

5. Memudahkan Akses Data Bagi Pihak-pihak yang Berkaitan

Apabila perusahaan membutuhkan slip gaji karyawan, maka staff HRD tidak perlu mencari slip gaji dalam bentuk kertas. Sebab aplikasi gaji memiliki data gaji karyawan selama beberapa periode, sehingga saat dibutuhkan sewaktu-waktu data tersebut bisa dibuka dengan mudah. Pengusaha yang akan mengakses gaji karyawan bisa membuka data melalui gawai. Bahkan data terbaru bisa dibuka kapan dan darimana saja. Hal ini tentunya akan memudahkan pengusaha untuk memantau penyaluran gaji karyawan sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.


For more detail information about
our solutions


Fitur Kunci Aplikasi Gaji Karyawan

Dalam aplikasi gaji tentu terdapat beberapa fitur unggulan di dalamnya. Melalui fitur-fitur unggulan, pengguna dapat membuat laporan gaji karyawan secara otomatis. Berikut beberapa fitur unggulan yang terdapat di aplikasi gaji, yaitu:

1. Payment Method

Fitur yang satu ini merupakan sebuah metode pembayaran yang digunakan untuk menyimpan transaksi finansial perusahaan. Melalui metode ini, staf keuangan dapat mengirimkan gaji karyawan sesuai dengan nominal yang sebelumnya telah ditetapkan dan dengan metode yang diinginkan.

2. Fitur Simpan Data Bank

Data bank menjadi salah satu hal yang sensitif bagi perusahaan, sehingga tidak boleh diketahui oleh orang lain. Namun saat ini sudah ada aplikasi gaji yang bisa digunakan untuk menyimpan data bank dengan aman. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan risiko kebocoran data.

3. Fitur Grade

Melalui fitur yang satu ini, perusahaan mudah dalam menentukan rentang gaji karyawan. Fitur ini cukup penting, sebab setiap perusahaan memiliki karyawan dengan bidang beragam. Bahkan fitur ini, dapat digunakan untuk menggaji karyawan sesuai gaji yang seharusnya diterima.

4. Cetak Laporan Payroll

Apabila perusahaan membutuhkan laporan payroll bisa memanfaatkan fitur ini. Sebab fitur ini dapat digunakan untuk mengeluarkan file report payroll secara otomatis. Bahkan pembuatan laporan bisa dilakukan sesuai dengan periode tertentu.

5. Salary Slip

Meskipun karyawan bisa mengetahui gaji secara langsung, namun banyak karyawan yang ingin melihat slip gaji untuk berbagai keperluan. Fitur andalan ini juga bisa Anda manfaatkan saat menggunakan aplikasi gaji karyawan. Sebab umumnya aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fitur untuk melihat dan mengunduh slip gaji karyawan yang bisa diakses dengan sangat mudah.

6. Payroll Component

Dalam sebuah perusahaan, karyawan biasanya akan mendapatkan beberapa fasilitas berupa gaji pokok hingga tunjangan. Untuk menghitung komponen itu, perusahaan bisa menggunakan fitur payroll component. Sebab fitur ini bisa menghitung gaji karyawan secara otomatis dengan berbagai komponen yang ingin ditambahkan.



Aplikasi Gaji Karyawan di Berbagai Industri

Aplikasi gaji untuk karyawan saat ini sudah tersedia dalam beberapa jenis baik dari aplikasi gaji web hingga aplikasi gaji terpusat. Bagi perusahaan yang akan menggunakan aplikasi gaji bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Berikut beberapa aplikasi gaji di berbagai macam industri.

1. SPISy (Strategic Personal Information System) dari Sakura System Solutions

Aplikasi gaji karyawan pertama yang bisa digunakan untuk melakukan penggajian karyawan yaitu SPISy (Strategic Personal Information System) dari Sakura System Solutions. Dalam pemberian gaji karyawan, SPISy sering diandalkan oleh beberapa perusahaan ternama yang memiliki karyawan lebih dari 500 pegawai. Hal ini disebabkan karena fitur SPISy Payroll yang tersedia sangat lengkap.

Selain fiturnya yang lengkap, aplikasi ini memiliki banyak keunggulan yang menguntungkan bagi karyawan dan perusahaan. Terlebih proses penghitungan gaji melalui aplikasi SPISy cenderung lebih cepat dengan hasil yang lebih akurat. Tidak hanya itu SPISy memiliki fitur perhitungan pajak yang dibutuhkan oleh staff payroll dimana hal tersebut sangat memudahkan saat bekerja.

Fitur validasi dan komponen salary pada SPISy sangat fleksibel, faktor tersebut menjadi salah satu hal yang sering diminati oleh perusahaan besar, terlebih jika perusahaan tersebut memiliki banyak kebijakan terkait tunjangan sesuai peraturan perusahaannya.

Oleh karena itu, Anda sangat direkomendasikan untuk menggunakan SPISy dari Sakura System Solutions untuk mempermudah penyaluran gaji di perusahaan Anda.

2. Gaweku HRIS

Gaweku memiliki 3 module utama diantaranya adalah payroll dimana pengguna dapat menghitung payroll secara otomatis dan pajak. Gaweku sebelumnya dikenal sebagai Reeracoen Indonesia namun telah berubah menjadi Gaweku dan telah mengeluarkan solusi HRIS dengan metode SaaS sebagai bentuk inovasi.

3. HRDpintar

Selain SPISy ada aplikasi Hrdpintar yang bisa digunakan untuk menghitung gaji karyawan. Fitur yang tersedia di aplikasi ini juga cukup canggih. Bahkan aplikasi ini memungkinkan HRD untuk mengelola daftar karyawan hingga mengelola laporan keuangan perusahaan.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengatur pelaporan pajak dan juga tunjangan yang diterima karyawan. Dengan adanya aplikasi Hrdpintar, staff HRD tidak perlu mengelola laporan keuangan secara manual. Terlebih membuat laporan manual memakan waktu yang lama.

4. Jurnal

Hampir semua aplikasi gaji memiliki fungsi yang sama. Hanya saja setiap aplikasi memiliki ciri khas yang berbeda-beda, hal ini biasanya ditandai dengan fitur yang tersedia dalam aplikasi. Oleh karena itu, usahakan untuk menggunakan fitur yang tersedia untuk rekap gaji karyawan seperti yang terdapat pada aplikasi Jurnal.

Fitur yang tersedia di aplikasi ini hampir sama dengan Hrdpintar. Selain itu, aplikasi ini menyediakan integrasi sistem keuangan yang umum digunakan. Dengan menggunakan aplikasi Jurnal, proses pengelolaan keuangan akan berjalan dengan mudah dan lancar.

5. KaryaOne

Aplikasi gaji yang satu ini sengaja dibuat untuk mengelola data karyawan. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengatur hari cuti hingga absensi karyawan. Dengan adanya fitur ini perusahaan bisa membangun sistem penggajian yang lebih baik lagi.

Sementara itu, aplikasi ini berbasis web sehingga lebih irit memori. Selama terhubung dengan jaringan internet, karyawan bisa mengakses data gaji dengan mudah. Namun sayangnya, biaya untuk menggunakan aplikasi ini terbilang cukup mahal.

6. Gadjian

Saat ini sudah banyak aplikasi gaji yang bisa digunakan untuk memberikan kesejahteraan karyawan seperti aplikasi Gadjian. Menariknya aplikasi ini menawarkan fitur yang sesuai dengan kebutuhan karyawan, sehingga karyawan bisa mengoperasikan aplikasi ini dengan mudah. Menariknya lagi, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk penghitungan pajak penghasilan serta pembayaran iuran BPJS.

7. Payroll Bozz

Meskipun termasuk ke dalam aplikasi gaji, namun Payroll Bozz juga bisa digunakan untuk menunjang kegiatan kantor yang lainnya. Sehingga karyawan bisa menggunakan aplikasi Payroll Bozz untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Salah satu fitur yang tersedia di aplikasi ini adalah akses untuk karyawan saat akan memasukkan data ataupun hasil pekerjaan secara mandiri. Dengan adanya aplikasi Payroll Bozz, kegiatan penggajian kantor akan berjalan dengan mudah.

8. Sleekr

Aplikasi yang satu ini merupakan milik Mekari dengan berbagai fitur canggih. Salah satu fitur unggulan di aplikasi ini yaitu pengatur waktu gajian. Sehingga pihak HRD bisa memberikan upah atau gaji karyawan sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan sebelumnya.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur akuntansi yang bisa digunakan untuk mengatur keuangan perusahaan. Bahkan staf keuangan bisa menggunakan aplikasi ini untuk merancang serta mengevaluasi kondisi keuangan perusahaan.

9. Appsensi

Pemberian gaji yang mudah dan tepat sesuai kesepakatan, tentu akan meningkatkan kesejahteraan karyawan. Bahkan karyawan nantinya akan lebih loyal terhadap usaha. Hal ini bisa diwujudkan melalui aplikasi gaji seperti Appsensi.

Melalui aplikasi Appsensi, proses penggajian akan bersifat transparan serta terhindar dari human error. Selain memberikan kemudahan dalam penghitungan gaji, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menghitung tunjangan karyawan.

10. Andal PayMaster

Aplikasi yang satu ini termasuk kedalam software penggajian, serta berfungsi untuk mengelola data karyawan. Melalui aplikasi ini, kehadiran karyawan bisa diketahui dengan jelas. Tidak hanya itu saja, Andal PayMaster juga bisa digunakan untuk pembayaran pajak dan asuransi kesehatan.

Menariknya aplikasi ini bisa diperbarui sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Namun untuk menggunakan aplikasi ini, perusahaan harus menginstal Andal PayMaster terlebih dahulu di dalam komputer. Selain itu, aplikasi ini juga harus sering dilakukan updating.

11. Weefer

Bagi perusahaan yang Memiliki skala besar sangat cocok untuk menggunakan aplikasi ini. Meskipun fitur yang tersedia hampir sama dengan aplikasi lainnya, namun aplikasi ini juga sering dipilih oleh perusahaan. Terlebih aplikasi ini juga bisa mengatur pekerjaan karyawan.

Melalui aplikasi ini proses koordinasi dengan karyawan akan berjalan dengan mudah. Hal ini disebabkan karena aplikasi ini bisa digunakan untuk pembagian tugas karyawan, baik secara individu maupun tim. Dengan demikian kerjasama antar karyawan akan terjalin dengan baik.



For more detail information about
our solutions


Pilihan Aplikasi Gaji Karyawan Terbaik

Bagi Anda yang sedang mencari aplikasi gaji karyawan terbaik, Anda bisa menggunakan aplikasi SPISy dari Sakura System Solutions. Sebab aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti yang telah disebutkan di atas. Selain itu, terdapat beberapa keunggulan dari aplikasi ini seperti:

1. Pembuatan Rentang Gaji Lebih Mudah

Setiap perusahaan umumnya memiliki staf dengan jabatan yang berbeda-beda. Sehingga gaji yang diperoleh setiap jabatan tentu berbeda-beda. Untuk mempermudah penggajian, aplikasi SPISy sudah dilengkapi dengan fitur Grade.

Melalui fitur ini, pihak HRD atau keuangan tidak perlu memasukkan nominal gaji karyawan secara manual. Sebab aplikasi ini bisa digunakan untuk memasukkan nominal gaji karyawan sesuai dengan jumlah gaji yang seharusnya diterima oleh karyawan.

2. Slip Gaji Dapat Dicetak

Meskipun menggunakan aplikasi, namun sistem penggajian melalui SPISy dapat dicetak sesuai kebutuhan karyawan. Sebab gaji dalam versi cetak sering dibutuhkan untuk beberapa aktivitas tertentu, terutama saat karyawan berstatus sebagai seorang PNS. Hasil dokumen dari aplikasi ini bisa diunduh dengan format PDF, kemudian bisa dicetak sesuai dengan kebutuhan karyawan.

3. Penyimpanan Data Bank Jauh Lebih Aman

Saat menggunakan aplikasi gaji karyawan, otomatis perusahaan juga mencantumkan beberapa bank yang digunakan untuk proses transaksi. Keberadaan aplikasi ini jauh lebih aman, sebab data tidak mudah dibobol oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Sebaliknya, jika Anda menggunakan sistem penggajian secara manual data bank justru mudah dibobol. Data bank sendiri biasanya memuat data-data penting yang keberadaannya harus dirahasiakan dari orang lain. Sebab data tersebut bisa saja disalahgunakan sehingga dapat menimbulkan kerugian.

4. Pasti Akurat

Salah satu masalah yang paling sering terjadi pada proses penghitungan gaji adalah ketidakakuratan atau tidak sesuainya gaji yang diterima tiap karyawan. Kekeliruan ini tentu dapat merugikan karyawan dan perusahaan. Dengan menggunakan aplikasi gaji karyawan SPISy, hal semacam ini dipastikan dapat dihindari karena SPISy hadir dengan sistem yang canggih dan terintegrasi dengan baik.



Kesimpulan

Menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh staf keuangan, hadirnya aplikasi gaji karyawan tentu begitu memudahkan sekaligus memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan. Namun, pastikan untuk memilih aplikasi payroll terbaik seperti aplikasi SPISy yang dimiliki oleh Sakura System Solutions.

Melalui aplikasi SPISy, kini penyusunan laporan keuangan serta penyaluran gaji karyawan menjadi lebih cepat dengan hasil yang lebih akurat. Ingin mengenal SPISy lebih jauh? Silakan menghubungi customer service kami di +62 21-391-5599 untuk informasi lebih lanjut!





For more detail information about
our solutions