Mengulik Fungsi dan Peran Penting HR Manager Bagi Perusahaan

by Administrator / September 06, 2021

HR manager atau human resource manager adalah salah satu bagian yang penting di dalam suatu perusahaan. Karena HR mempunyai tugas yang begitu vital di organisasi, tidak hanya sekadar merekrut karyawan yang menjadi aset berharga perusahaan, HR juga bertugas mengelola SDM di dalam organisasi agar dapat bergerak secara terstruktur dan efisien dalam mencapai tujuan perusahaan.

Makna HR Bagi Perusahaan

Istilah HR sendiri pertama kali muncul sekitar tahun 1960-an, kala itu terbentuklah hubungan kerja antara karyawan dan perusahaan. Tujuan dari adanya divisi HR sendiri adalah agar pengelolaan karyawan di dalam perusahaan menjadi lebih mudah. Sejak saat itu, istilah HR terus digunakan sampai sekarang dan sebagian besar perusahaan selalu membutuhkan HR.

Tentunya posisi HR pun harus diisi oleh orang orang yang tepat, dimana mereka harus tahu bagaimana cara mengelola karyawan dengan baik. Seperti memastikan kesejahteraan setiap karyawan, memberikan program pelatihan dan pengembangkan, sampai menjamin keselamatan kerja untuk para karyawan yang berada di bawah naungan perusahaan.

Dalam praktik kerjanya, HR juga akan mendapat tanggung jawab untuk menilai para karyawan apakah telah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan atau belum. Namun di samping itu, HR pun harus tetap bisa menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan para karyawannya. Sebisa mungkin hukum ketenagakerjaan harus dipatuhi dengan tetap menghindari konflik.

Perbedaan HR dengan GA dan Manajemen Personalia

Ketika membahas mengenai HR manager atau divisi HR secara umum, banyak orang yang menyamakannya dengan manajemen personalia atau GA (general affair). Padahal HR dan GA tidak memiliki pekerjaan dan fungsi yang sama, meski banyak pula perusahaan yang menjadikan HR dan GA menjadi satu divisi.

Sebab HR mempunyai pekerjaan yang fokus pada pengelolaan karyawan, sementara GA memiliki pekerjaan yang sifatnya umum seperti pengadaan dan pengelolaan kebersihan, pengelolaan gedung, parkiran, sampai air yang ada di perusahaan. Jadi meskipun keduanya memiliki peran penting di dalam perusahaan, namun HR dan GA tidaklah memiliki fungsi yang sama.

Saat ini pun, sudah banyak perusahaan yang memisahkan antara divisi HR dan GA. Sebab ketika kedua pekerjaan ini dijadikan satu di dalam divisi yang sama, maka tantangan serta tanggung jawab yang akan dihadapi oleh seorang HR yang mengisi posisi tersebut tentu akan semakin berat ke depannya.

Sementara untuk manajemen personalia sebenarnya adalah bentuk lampau dari HR sebelum mengalami revolusi. Namun manajemen personalia dulunya hanya memiliki fokus utama yakni mengelola karyawan yang diperlakukan sebagai alat perusahaan. Kini HR lebih memandang karyawan sebagai aset berharga yang dimiliki perusahaan.

Siapa yang Dapat Menduduki Jabatan Tertinggi di Divisi HR?

Menduduki jabatan tertinggi di divisi HR tentu human resource manager berbeda dengan HR staff. Posisi ini diartikan sebagai orang yang bertanggung jawab atas divisi HR secara keseluruhan, yang mana pekerjaannya berhubungan dengan proses rekrutmen, pengembangan dan pelatihan karyawan, serta berbagai aktivitas lain yang melibatkan karyawan perusahaan.

Yang dapat menjadi seorang HR manager yaitu idealnya adalah mereka dengan latar belakang pendidikan pascasarjana dengan disiplin ilmu hukum, psikologi, ilmu sosial, bisnis, ekonomi, dan administrasi publik. Tentunya orang tersebut harus terlebih dahulu memiliki pengalaman sekitar 7 sampai 10 tahun sebagai HR staff, dan telah berpengalaman mengelola staf profesional.

Fungsi Human Resource Manager

1. Fungsi Manajerial

Secara fungsi manajerialnya, seorang human resource manager berperan dan bertanggung jawab atas segala sesuatu yang menyangkut pengontrolan, perencanaan, pengorganisasian, kepegawaian, dan pengarahan terhadap karyawan di perusahaan. Semua fungsi ini harus dilakukan dengan baik oleh human resource manager sesuai dengan yang diharapkan oleh manajemen.

2. Fungsi Umum

Sementara fungsi umum seorang human resource manager yaitu berkaitan dengan proses perekrutan, pengembangan, pemeliharaan SDM perusahaan, kompensasi, motivasi, dan juga integrasi. Fungsi umum ini diterapkan oleh HR manager dengan menyeimbangkan kebutuhan karyawan, namun tetap sejalan dengan apa yang diinginkan atau yang menjadi tujuan dari perusahaan.

Kesimpulan

Menjadi seorang human resource manager maupun seseorang yang mengisi divisi HR memang tidak bisa dibilang mudah. Oleh sebab itu, apabila anda HR dan membutuhkan software yang dapat mempermudah berbagai proses dan kegiatan pengelolaan karyawan, gunakan SPISY dari Sakura System. Software HRIS dan Payroll dengan fitur lengkap ini tentunya bisa membantu pekerjaan anda. Semoga bermanfaat.

Arsipkan Kandidat Terbaik Anda Melalui SPISy HRIS !

For more detail information about
our solutions

For more detail information about
our solutions