Pengertian dan Manfaat Talent Management

by Administrator / Agustus 26, 2022

Di dalam sebuah perusahaan, sumber daya manusia atau SDM memiliki peranan yang sangat penting. Untuk itu, perusahaan perlu untuk mengelola SDM agar nantinya dapat mencapai tujuan dari perusahaan. Oleh karena itu, kali ini akan diulas mengenai pengertian dan manfaat talent management dalam sebuah perusahaan.

Mengenal Apa Itu Talent Management

Talent management adalah salah satu sistem yang ada di perusahaan untuk mendapatkan penilaian secara tepat pada setiap karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Dengan adanya penilaian ini akan berfungsi untuk menentukan apakah karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan tersebut dapat membantu untuk mencapai goals yang diinginkan oleh perusahaan.

Sehingga dapat dikatakan jika talent management merupakan sebuah cara atau metode untuk menempatkan karyawan tersebut di posisi yang tepat dan juga waktu yang tepat. Sebab, apabila Anda merekrut seorang karyawan dan ternyata menempatkannya pada posisi yang salah, hal ini tentu saja akan membuatnya tidak bisa bekerja secara maksimal.

Alasan Mengapa Perusahaan Butuh Talent Management

Sebelum membahas lebih lanjut tentang pengertian dan manfaat talent management adalah Anda lebih dulu harus tahu alasan mengapa perusahaan membutuhkan talent management. Hal ini dikarenakan dengan talent management ini akan memiliki tujuan bagi perusahaan akan memiliki kinerja yang lebih tinggi.

Hal ini akan bertugas untuk memenuhi tujuan dan jug sasaran atau target yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan menggunakan target management, maka perusahaan akan memiliki penilaian dan juga memahami maupun mampu memberikan evaluasi dari karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

1. Mampu Menghemat Biaya Pergantian Karyawan

Manfaat yang pertama ketika perusahaan Anda telah menggunakan cara ini adalah mampu untuk menghemat biaya pergantian karyawan. Ketika perusahaan paham akan pengertian dan manfaat talent management, maka hal ini akan membuat perusahaan mampu untuk merekrut dan juga memilih karyawan pada posisi yang tepat.

Contohnya saja, karyawan tersebut memiliki skill dan latar belakang yang cocok dengan salah satu posisi di perusahaan tersebut, maka sebaiknya Anda segera merekrutnya. Sehingga, adanya kemungkinan untuk pergantian karyawan akan bisa diminimalisir. Hal ini akan mengurangi biaya open recruitment dan lain sebagainya.

2. Memiliki Proses Perekrutan yang Lebih Baik

Hal selanjutnya yang perlu Anda pahami dari manfaat talent management sendiri adalah perusahaan nantinya akan memiliki sistem perekrutan yang lebih baik. Pasalnya, strategi satu ini akan berfungsi untuk menghasilkan tenaga kerja yang baik dan orang orang yang pas untuk mengisi posisi yang cocok tersebut.

Dengan menggunakan sistem satu ini akan memiliki manfaat untuk membantu menyederhanakan proses dari perekrutan karyawan. Sehingga perusahaan pun akan bisa memilih dan menilai calon kandidat dengan lebih baik. Mulai dari skill, latar belakang hingga keterampilan yang dimiliki calon karyawan tersebut.

3. Mampu Memperluas Perkembangan Karir Dari Karyawan

Setelah membahas pengertian dan manfaat talent management ini, tentunya strategi ini akan memiliki fungsi untuk mampu memperluas pengembangan karir karyawan. Sehingga dengan adanya pelatihan dan pembinaan, akan membuat produktivitas karyawan semakin meningkat. Dengan begitu, dapat membuat karyawan bisa menaikkan promosi maupun pangkat.

Penutup

Itulah beberapa hal yang perlu untuk Anda ketahui tentang talent management. Tentunya strategi atau sistem ini memiliki manfaat dan berperan penting dalam kemajuan perusahaan. Kita tinggal memamksimalkan potensi talent yang ada pada perusahaan yang kita jalani demi kemajuan bersama. Semoga bermanfaat.

Arsipkan Kandidat Terbaik Anda Melalui SPISy HRIS !

For more detail information about
our solutions

For more detail information about
our solutions