Strategi komunikasi untuk mengajukan Pengadaan Software

by Administrator / July 06, 2021

Usulan yang berkaitan dengan pengeluaran dana adalah hal yang sensitif bagi seluruh manajemen di perusahaan. Simak bagaimana Bapak dan Ibu dapat berkomunikasi dengan baik untuk mengajukan pengadaan software di perusahaannya.

1. Jabarkan kendala anda hadapi saat ini

Banyak sekali karyawan merasa ragu dan takut untuk memberitahu suatu masalah dan menjelaskan dengan baik pada manajemennya, sehingga manajemen menerima penjelasan karyawan tersebut sebagai informasi keluhan bukan suatu data yang informatif. Alangkah lebih baik Bapak dan Ibu mempersiapkan data-data yang valid beserta analisa dan opini yang kuat dari masalah ataupun kendala yang anda hadapi sehingga manajemen dapat menangkap maksud dan tujuan diskusi bapak dan ibu.

Contoh : Tim anda terlalu menghabiskan waktu pada pekerjaan rutin harian dimana tim anda hanya menggunakan alat bantu yang tidak memumpuni, seperti memperbaiki data absensi karyawan setiap harinya dikarenakan kemampuan mesin absen yang kurang memadai yang mana tim anda harus menarik data dan mengkoreksi secara manual.

2. Ceritakan solusi-solusi yang telah kerjakan sebelumnya

Setelah melakukan diskusi prihal kendala yang telah dihadapi saat ini, Bapak dan Ibu lebih baik menjelaskan bagaimana perjalanan strategi dan solusi yang telah diterapkan untuk menghadapi kendala tersebut, tetapi hasilnya tidak signifikan. Hasil yang tidak maksimal tersebut adalah menjadikan poin utama bapak dan ibu untuk berdiskusi kepada pihak manajemen dan menjadi alasan yang sangat kuat untuk meminta alat bantu yang memumpuni.

Contoh : Bapak dan Ibu telah membuat inovasi dan solusi terhadap format performance evaluation yang sangat simple dan efektif dalam format excel yang sebelumnya tidak dimiliki oleh perusahaan, akan tetapi ternyata masih banyak sekali kendala yang bermunculan seperti kesalahan pada pihak sumber daya manusia, perhitungan manual dan total waktu pengerjaan yang terlampau lama.

3. Memilih momentum yang tepat

Pemilihan momentum untuk berdiskusi dalam pengadaan barang khususnya software harus dapat diperhatikan, karena hal tersebut bersinggungan dengan keuangan dan sensitif. Waktu yang paling tepat adalah ketika Bapak dan Ibu diberikan kesempatan berbicara mengenai perencanaan jangka menengah dan jangka panjang saat meeting besar yang melibatkan stakeholder atau manajemen perusahaan. Jika momentum tersebut sulit untuk dilakukan, Bapak dan Ibu dapat berbincang-bincang terlebih dahulu kepada orang-orang tertentu dimana topik utamanya adalah pengalokasian budget tiap deepartemen di perusahaan anda.

4. Jelaskan manfaat HRIS yang dibutuhkan anda saat ini

Ketika Bapak dan Ibu berdiskusi atau menjabarkan hal diatas, sangat baik sekali jika anda dapat menjelaskan manfaat atau nilai yang akan didapatkan oleh perusahaan ketika hal tersebut telah direalisasikan secara jangka menengah dan jangka Panjang, karena manajemen akan mempertimbangkan hal tersebut jika manfaat dan nilai akan berdampak langsung pada bisnisnya di masa depan. Lawan bicara anda adalah orang yang berpengalaman dan berwawasan, tetapi beritahukan teknologi terbaru sesuai dengan masanya yang dapat membantu operasional organisasi Bapak dan Ibu secara bertahap.

Contoh : Bapak dan Ibu memiliki kendala saat memproses gaji, dikarenakan banyaknya komponen gaji yang sifatnya tak terduga, atau banyaknya komponen gaji yang harus divalidasi secara manual, Kemudian Bapak dan Ibu mencoba untuk menjabarkan teknologi terkini dari SPISy Software, dengan teknologi barunya dapat meningkatkan produktivitas karena memiliki fitur mengelola proses salary menjadi lebih cepat dan mudah.

For more detail information about
our solutions

For more detail information about
our solutions