Kapan Waktu Terbaik Menambah Karyawan Baru di Kantor?

by Gibran Respati / December 15, 2022

Kemajuan sebuah perusahaan bisa dilihat dari berbagai indikasi. Satu di antaranya adalah kontribusi karyawan (SDM) bagi perusahaan itu sendiri. Biasanya, perusahaan dengan SDM mencukupi, baik dari segi kualitas maupun kuantitas lebih cepat mengalami perkembangan.

Selain berkualitas, perusahaan butuh karyawan dengan jumlah yang mencukupi. Hal ini demi memenuhi kebutuhan produksi yang terus meningkat dan bertambah setiap waktu. Ketika produksi semakin bertambah, artinya dibutuhkan lebih banyak karyawan untuk mendukung kemajuan perusahaan.

Lalu, kapan waktu terbaik menambah karyawan baru di kantor? Banyak hal yang menjadi indikasi bahwa kantor Anda membutuhkan karyawan baru. Untuk penjelasan lengkapnya bisa dilihat di bawah ini.



Alasan Harus Menambah Karyawan Baru

Sebelum masuk ke pembahasan utama, pertama-tama kita bahas dulu bagiaman tentang pentingnya menambah karyawan baru bagi suatu organisasi ataupun perusahaan yang baru berdiri maupun yang telah lama.


1. Peremajaan Karyawan

Menambah jumlah karyawan menjadi opsi saat perusahaan sedang melakukan peremajaan. Misalnya, ketika banyak pegawai yang mundur karena berbagai alasan, maka perusahaan boleh merekrut karyawan baru. Banyak alasan mengapa karyawan mundur dari posisi mereka. Misalnya, habis kontrak, alasan usia, dan berbagai alasan lainnya.

Datangnya pegawai baru biasanya memberi kesegaran bagi perusahaan. Apalagi jika banyak kendala yang dialami pegawai lama, maka diharapkan posisinya akan terganti oleh para karyawan baru.


2. Menemukan Potensi Bakat Terbaik

Alasan kedua harus menambah jumlah karyawan adalah untuk menemukan potensi bakat terbaik. Biasanya, rekrutmen ini sangat efektif dilakukan kepada para fresh graduate yang belum berpengalaman. Setelah ia lulus dari pendidikannya, banyak ide baru dan kreativitas yang akan membantu perusahaan.

Di sisi lain, jika perusahaan tidak mau mengambil risiko, artinya harus memilih yang berpengalaman. Fresh graduate mungkin memiliki ide dan kreativitas yang tidak terbatas. Namun, skill mereka belum terasah di dunia kerja yang sebenarnya.


3. Banyaknya Karyawan bisa Meningkatkan Produktivitas

Kapan waktu terbaik menambah karyawan baru di kantor? Jawabannya adalah saat tuntutan konsumen mulai meningkat. Biasanya, ketika bisnis mulai berkembang, perusahaan dituntut untuk memproduksi lebih banyak barang/jasa. Hal ini bisa diwujudkan dengan dukungan SDM memadai.

Oleh karena itu, perusahaan wajib mengelola SDM mereka secara optimal. Hal ini demi meyakinkan terpenuhinya kebutuhan produksi sehingga kemajuan perusahaan menjadi semakin cepat. Bagaimana cara mengelola SDM yang baik? caranya adalah melalui sistem rekrutmen atau penambahan jumlah karyawan.





Waktu yang Tepat untuk Merekrut Karyawan

Satu pertanyaan yang mungkin ditanyakan perusahaan yang sedang berkembang adalah, kapan waktu terbaik menambah karyawan baru di kantor? Nah, jawabannya bisa Anda simak di bawah ini:


1. Saat Beban Kerja Semakin Bertambah

Waktu terbaik untuk menambah karyawan baru adalah saat beban pekerjaan semakin bertambah. Seperti dikatakan sebelumnya, perusahaan yang mengalami perkembangan ditandai dengan bertambahnya beban pekerjaan.

Contohnya, perusahaan konveksi biasa memproduksi 5 ribu pakaian dalam satu bulan. Kemudian, permintaan bertambah sehingga jumlah order menjadi 10 ribu di bulan selanjutnya. Tuntutan produksi ini sulit dipenuhi jika mengandalkan karyawan yang ada. Banyak pekerjaan yang mungkin terbengkalai sehingga bisa menurunkan reputasi perusahaan.

Oleh karena itu, saat beban pekerjaan di perusahaan bertambah, maka lakukanlah rekrutmen sesegera mungkin.


2. Saat Prospek Bisnis Kedepannya Sudah Jelas

Rekrutmen karyawan baru sangatlah penting untuk dilakukan. Tetapi, pihak perusahaan perlu juga melihat “kekuatan” bisnis mereka di masa mendatang. Maksudnya, jangan sampai merekrut banyak karyawan namun tidak punya prospek bisnis yang jelas.

Perusahaan yang maju akan memiliki prospek masa depan yang jelas. Nah, jika perusahaan sedang ada di posisi ini, maka sangat disarankan untuk menambah jumlah karyawan. Selama tujuannya jelas, maka hasilnya pun akan maksimal.


3. Saat Omset Perusahaan Sudah Stabil

Kapan waktu terbaik menambah karyawan baru di kantor? Jawabannya adalah saat omset perusahaan mulai stabil. Banyaknya jumlah karyawan tentu membebani pengeluaran perusahaan. Oleh karena itu, sebelum melakukan rekrutmen pegawai, sebaiknya sesuaikan dulu dengan anggaran yang dimiliki.

Perusahaan juga harus memperhatikan efektivitas para karyawannya. Jangan menambah jumlah karyawan pada posisi yang sebenarnya sudah cukup. Sebab, hal ini bakal merusak finansial perusahaan dan memberikan dampak buruk.


4. Saat Fasilitas Kantor Memadai

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan fasilitas di kantor Anda. Perusahaan wajib memastikan bahwa ruang kantor yang dimiliki cukup untuk menampung para karyawan. Menambah jumlah karyawan saat fasilitas tidak memadai hanyalah buang-buang waktu dan anggaran saja.

Perlu diperhatikan bahwa kenyamanan ruangan kerja bisa mempengaruhi produktivitas para pegawai. Kalau pun benar-benar perlu menambah karyawan saat fasilitas belum memadai, solusinya adalah mempekerjakan karyawan secara remote atau work from home dan dibantu dengan aplikasi hris indonesia terbaik seperti SPISy HRIS.


5. Saat Ingin Mengembangkan Bisnis

Selanjutnya, waktu terbaik menambah karyawan adalah ketika bisnis berkembang pesat. Saat bisnis berkembang pesat, perusahaan biasanya melakukan ekspansi dan mengembangkan bisnis mereka. Caranya bisa dengan memperluas bangunan gedung, atau membuka kantor cabang.

Nah, agar semua berjalan lancar, dibutuhkan karyawan baru untuk melanjutkan bisnis ini. Anda tidak bisa hanya mengandalkan karyawan lama sebab jumlahnya yang terbatas. Selain itu, memaksakan memakai jasa pegawai lama justru bisa mempengaruhi produktivitas.

Oleh karena itu, dibutuhkan pegawai baru demi menjalankan bisnis yang sedang berkembang. Lakukan rekrutmen sesuai kebutuhan, pastikan sesuai dengan posisi yang sedang kosong.


6. Saat Membutuhkan Skill Baru dari Karyawan

Terakhir, waktu terbaik untuk menambah karyawan adalah saat perusahaan butuh skill tertentu. Misalnya, perusahaan konvensional akan beralih dan menggunakan sistem digital. Artinya, mereka butuh tenaga IT baru yang memang menguasai bidang tersebut.

Contoh lainnya, Anda bekerja sama dengan perusahaan luar dalam jangka waktu yang panjang. Untuk memastikan komunikasi berjalan lancar, maka perusahaan butuh jasa translator atau interpreter. Intinya, setiap posisi kosong yang membutuhkan skill baru harus segera diisi oleh orang yang berkompeten. Hal ini demi menjamin keberlangsungan dan kemajuan perusahaan.





Cara Rekrutmen Karyawan yang Ideal

Jadi, kapan waktu terbaik menambah karyawan baru di kantor? Menambah jumlah karyawan di kantor harus dilakukan dengan teliti. Perusahaan tidak bisa sembarangan saat merekrut karyawan, sebab hasilnya tidak akan optimal.

Selain harus selektif, perusahaan harus memiliki prosedur tertentu agar proses rekrutmen jadi lebih efektif. Beberapa cara bisa dilakukan, seperti:


1. Identifikasi Posisi yang Dibutuhkan

Yang pertama, mengidentifikasi posisi kosong yang dibutuhkan perusahaan. Selain itu, jika posisi terlalu berat untuk dipikul beberapa karyawan, maka inilah saat yang tepat untuk merekrut karyawan baru.


2. Publikasikan Lowongan

Kedua, pubilkasikan lowongan pekerjaan lewat beberapa metode tertentu. Semakin gencar lowongan dipublikasi, maka semakin cepat perusahaan mendapatkan karyawan baru. Adanya publikasi lowongan menjadi keuntungan bagi kedua belah pihak. Calon karyawan mendapatkan kesempatan untuk bekerja, sementara perusahaan akan mendapatkan pegawai baru untuk posisi tertentu.


3. Review Semua Lamaran yang Masuk

Me-review semua lamaran yang masuk menjadi tahapan yang selanjutnya. Pastikan tidak ada lamaran yang terlewat, supaya semua kandidat bisa terjaring dengan baik. Proses yang satu ini bermanfaat untuk menemukan calon yang potensial untuk perusahaan.


4. Interview Calon Kandidat Berkualitas

Keempat, melakukan proses interview kerja dengan kandidat yang sudah terpilih. Rencanakanlah jadwal pertemuan dengan kandidat, dan koordinasikan dengan bagian perusahaan. Kalau tidak bisa bertatap muka akibat pandemi, maka interview bisa dilakukan secara online.


5. Periksa Latar Belakang dan Pengalaman Kerja

Dari proses interview, perusahaan bisanya dapat melihat latar belakang pelamar, mulai dari pendidikan, pengalaman kerja, karakteristik dan sebagainya. Jika kebutuhan perusahaan ada di diri kandidat, maka berilah kesempatan. Namun, jika dirasa masih kurang maka bisa mengulangi proses rekrutmen dari awal.


6. Proses Negosiasi

Terakhir, tinggal lakukan negosiasi saat menemukan calon yang memang cocok. Bicarakan tentang kesepakatan gaji, jam kerja, hari mulai masuk kerja dan sebagainya.



Penutup

Kapan waktu terbaik menambah karyawan baru di kantor? Jawabannya tergantung dengan kebutuhan dan kondisi suatu perusahaan. Jika perusahaan sedang mengalami perkembangan sehingga banyak posisi yang kosong, artinya mereka butuh melakukan rekrutmen sesegera mungkin. Hal ini demi memastikan terpenuhinya produktifitas dan kualitas secara optimal.

Untuk Anda yang ingin memudahkan proses administrasi rekrutmen karyawan baru, absensi karyawan, perhitungan gaji karyawan dan slip gajinya, perhitungan pajak, BPJS, dan kebutuhan HRIS lainnya. Anda bisa gunakan Spisy Software dari Sakura System. Dengan Spisy Software, seluruh kegiatan HR Anda menjadi lebih efektif dan efisien.

PT. Sakura System Solutions adalah penyedia solusi aplikasi hris indonesia termasuk system payroll untuk perusahaan Anda. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dalam memberikan pelayanan terbaiknya, membuat PT. Sakura System Solutions menjadi salah satu penyedia jasa HRIS terbaik di Indonesia.

Pelajari lebih lanjut keunggulan Spisy HRIS dan Klik disini untuk informasi lebih lanjut mengenai Sakura System Solutions.

For more detail information about
our solutions