Yuk Intip Perbedaan HRD Dan Personalia Yang Perlu Anda Tahu

by Administrator / Agustus 23, 2021

Sering kali sebagian dari Anda bingung membedakan antara HRD dan Personalia. Tentunya kedua jenis pekerjaan tersebut adalah berbeda. Sebab, HRD adalah departemen yang ada di sebuah perusahaan, sedangkan untuk personalia merupakan kegiatan untuk mengelola SDM yang ada di perusahaan. Lebih jelasnya, akan dibahas perbedaan hrd dan personalia pada ulasan berikut ini.

Sekilas yang Perlu Anda Tahu Tentang HRD

HRD yang memiliki kepanjangan Human Resources Department merupakan Departemen Sumber Daya Manusia atau SDM. Sehingga secara umum, pekerjaan dari HR sendiri adalah untuk mengurus berbagai hal yang berkaitan dengan karyawan yang ada di perusahaan tersebut.

Sehingga dapat dikatakan jika HRD merupakan sebuah divisi yang terlibat di dalam proses untuk menangani berbagai masalah yang ada di dalam ruang lingkup karyawan. Tidak hanya itu saja, semua orang yang ada di dalam perusahaan tersebut juga ditangani oleh HRD, seperti manajer bahkan karyawan dari divisi lain.

Tujuan dari pembentukan divisi HRD sendiri adalah berguna untuk menunjang seluruh aktivitas dari perusahaan tersebut. Sehingga nantinya akan bisa mencapai target yang telah ditentukan oleh perusahaan. Selain itu, HRD sendiri juga memiliki peran untuk bertanggung jawab untuk memberikan perusahaan kandidat serta orang yang tepat pada posisi tersebut.

1. Bertugas Untuk Proses Seleksi dan Perekrutan

Setelah mengenal pengertian dari HRD, perbedaan HRD dan personalia juga bisa terlihat dari tugas dan tanggung jawab yang diemban. Salah satu tugas yang dimiliki oleh HRD adalah merekrut dan menyeleksi pegawai baru. Proses rekrutmen ini juga bukan merupakan hal yang mudah. Hal ini dikarenakan dibutuhkan keterampilan yang luar biasa.

Disini, HRD akan memiliki tugas untuk mengumpulkan karyawan yang memiliki potensi. Adapun pekerjaan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pencarian kandidat, melakukan interview hingga asesmen dan onboarding. Sehingga memilih sumber daya manusia yang bisa bekerja sesuai dengan yang perusahaan inginkan memang tidak mudah.

2. Training Karyawan

Selain itu, tugas lain yang dilakukan oleh HRD ini adalah melakukan proses training. Hal ini bertujuan agar nantinya perusahaan bisa mendapatkan orang orang yang tepat dalam menunjang target yang dimiliki oleh perusahaan. Sehingga HRD juga diaruskan untuk memiliki metode yang tepat dalam proses training karyawan baru.

3. Merancang Masalah Gaji dan Tunjungan

Perbedaan HRD dan personalia ini juga dilihat dari tugasnya yakni merancang masalah gaji dan tunjangan. Hal ini menjadi tugas dan tanggung jawab yang dilakukan oleh seseorang yang bekerja di divisi HRD. Divisi ini memiliki kewenangan untuk menggaji serta mengatur bagaimana skema dan tata cara untuk mendistribusikannya.

Apa itu Personalia?

Meskipun banyak orang yang menganggapnya sama, kedua istilah ini memiliki arti yang berbeda. Itulah mengapa personalia memiliki arti yakni sebuah departemen yang memiliki tugas untuk melaksanakan serangkaian kegiatan pengelolaan SDM, terutama yang mengatur tentang administratif.

Adapun kegunaannya adalah untuk nantinya mengatur hubungan kerja yang terjadi antara perusahaan dan karyawan. Hal ini dikenal dengan manajemen personalia. Dimana bertanggung jawab pada semua data karyawan, pembayaran benefit dan juga masalah payroll.

1. Pengembangan dan Pengadaan

Kemudian, Anda pun juga perlu untuk mengerti perbedaan HRD dan personalia, jika dilihat dari tugas personalia sendiri. Adapun tugas yang dilakukan oleh personalia adalah terkait pengembangan dan pengadaan. Dalam pengadaan sendiri, personalia akan bertugas untuk menyediakan karyawan maupun sumber daya manusia dalam jumlah tertentu.

Jumlah karyawan tersebut memang telah ditentukan berdasarkan berbagai macam keahlian yang dibutuhkan oleh bisnis yang ada di dalam perusahaan tersebut. Dimana hal ini berguna untuk meningkatkan dan mencapai goals atau target yang diinginkan oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

Sedangkan jika berbicara mengenai pengembangan, maka dengan adanya manajemen personalia akan mampu untuk meningkatkan keahlian dan juga keterampilan dari tenaga kerja tersebut melalui tahap pendidikan dan juga pelatihan. Umumnya hal tersebut akan dilakukan ketika terdapat tenaga kerja yang baru.

2. Penintegrasian dan Pemeliharaan

Salah satu tugas yang dilakukan bagian personalia adalah integrasi. Dimana disini, personalia akan memiliki tugas untuk melakukan penyesuaian antara perbedaan kepentingan perusahaan dan juga pegawai secara individu. Sehingga nantinya akan mampu bekerja sama demi mencapai tujuan yang diinginkan oleh perusahaan.

Selain itu, pemeliharaan juga perlu dilakukan dan menjadi salah satu tanggung jawab dari personalia. Sehingga hal ini akan berguna untuk mempertahankan keberlangsungan dari kondisi kerja yang telah efektif tersebut. Hal ini dilakukan melalui adanya proses komunikasi yang baik dan juga kondisi fisik dengan berbagai program kesehatan dan juga keamanan yang dilakukan oleh perusahan.

Kesimpulan Perbedaan dari HRD dan Personalia

Meskipun banyak orang yang menganggapnya sama, kedua istilah ini memiliki arti yang berbeda. Itulah mengapa personalia memiliki arti yakni sebuah departemen yang memiliki tugas untuk melaksanakan serangkaian kegiatan pengelolaan SDM, terutama yang mengatur tentang administratif.

Adapun kegunaannya adalah untuk nantinya mengatur hubungan kerja yang terjadi antara perusahaan dan karyawan. Hal ini dikenal dengan manajemen personalia. Dimana bertanggung jawab pada semua data karyawan, pembayaran benefit dan juga masalah payroll.

1. Perbedaan HRD dan Personalia memang terlihat jelas dari tugasnya. Dimana untuk HRD lebih pada masalah prekerutan karyawan sedangkan untuk personalia lebih ke kegiatan administratif dari karyawan.

2. HRD dan Personalia memiliki perbedaan yakni pada ruang lingkup pekerjaannya. Jika personalia berada di area administratif, maka kegiatan yang dilakukan oleh personalia ini memang sangat penting. Sehingga fungsi dari HRD akan tetap bisa terlaksana.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda tahu tentang perbedaan istilah HRD dan Personalia. Meskipun kedua istilah tersebut terdengar sama, namun untuk tugas dan juga tanggung jawabnya akan berbeda. Bagi Anda yang sedang membutuhkan alat bantu untuk memudahkan tugas HR, maka Anda bisa menggunakan produk Spisy dari Sakura System sebagai solusi HR perusahaan Anda.

Klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Arsipkan Kandidat Terbaik Anda Melalui SPISy HRIS !

For more detail information about
our solutions

For more detail information about
our solutions